Thursday, October 21, 2010

Makin Bangga Pakai Si Kotak-Kotak Ijo

"Persevere and Strive Till The End"
(Bertekun dan Maju Sampai Akhir)

Belakangan, saya suka sekali sama quotes-nya Santa Angela yang satu ini. Saya sangat terinspirasi dengan 5 kata ajaib tersebut. Makanya saya sangattt bangga bisa berkesempatan sekolah dari TK-SMA sekarang ini di bawah pendidikan suster-suster Ursulin. Quotes ini bener-bener 'gue banget' apalagi untuk saya yang sedang dilanda stress tentang near future yang masih samar-samar dan tak tentu arah.

Tahun ini adalah tahun kedua saya menuntut ilmu di sekolah yang umurnya sudah 152 tahun ini. Makin hari makin banyak rasanya tantangan yang saya hadapi. Apalagi di awal kelas XI IPA ini. Teman-teman yang ... (jujur aja, sampai sekarang pun saya masih belum merasa nyaman dengan kelas saya -- merasa asing dan tak dihargai di kelas sendiri). Kemudian saya juga dibombardir nilai-nilai yang terjun payung alias kebakaran. Terus terang, ini bikin saya bener-bener down, depresi, hopeless, negative thinking terus, ngeluh terus dan berasa gak punya masa depan. Waktu itu saya inget banget sempet nangis karena nilai jelek. Seolah-olah udah gak ada kesempatan lagi.

Saat itu saya bener-bener butuh apapun yang bisa memotivasi saya untuk maju dan optimis lagi. Tapi sayangnya gak ada. Papa saya malah santai-santai saja (mungkin menganggap anaknya oke-oke saja dan mampu menghadapi semuanya). Pacar pun kagak punya gitu (ini sungguh random, maaf, readers). Temen? Yah ada lah, tapi cuma segelintir yang sungguh bisa jadi motivator saya. Bahkan Arashi (my favorite boyband) sudah tak bisa lagi menghibur dan menginspirasi saya kala itu.

Itulah salah satu alasan kenapa tiap pagi, sejak hari pertama saya bersekolah di SMA Santa Ursula, saya pasti selalu mampir dulu ke Gua Maria atau nggak ke kapel untuk berdoa, minta kekuatan dan dorongan dari Tuhan untuk menjalani satu hari ajaa di Sanur. Boleh percaya boleh tidak, tapi rasanya setelah doa pagi itu, satu hari bisa dijalani dengan baik :) Motif lain sih, kalau pas ke kapel, saya bisa sambil ngelewatin taman yang penuh bunga dan udaranya seger banget dihirup :) Ditambah lagi ada sinar matahari pagi. Kadang ngantuk saya bisa ilang dengan melihat something greeny as well as garden :))

Satu hari di Sanur. PENUH TEKANAN. SUNGGUH. It's torturing me so much you know, especially in this 11th grade. Padahal saya baru kelas 11 di Sanur, belum nanti kelas 12, apakah saya bisa menjalani kelas 12 dengan selamat dan sentosa? Well, let the time answer it. I hope I can pass this 11th grade well, and go to 12th grade :))

Apa aja tekanannya? BANYAK.
Mulai dari beberapa teman yang maunya bertemen ama yang itu-itu aja, gak bisa dipisahin
PR yang kelewat banyak setiap hari
Guru yang marah-marah tanpa henti
Guru yang ngoceh soal baju lah, rambut, name tag, segala macem
Tugas kelompok yang luar biasa banyaknya, sampai kadang hanya beberapa orang yang kerja
Suasana kelas yang (jujur saja--no hard feeling yang baca) yang menurut saya dingin, gak kompak, gak seru, dan (sangat) kompetitif
Belajar ampe subuh, kepala mau meledak, nilainya tetep aja segitu :((
Cemas sama nilai-nilai, remed atau nggak, dapet nilai berapa lalala
Ga belajar bener-bener alias belajar abal juga kadang hoki dan justru dapet bagus

Mungkin kalian ngeluh juga sama keadaan yang kurang beruntung ini. Saya juga kok. Akhir-akhir ini saya selalu aja ngeluh sama keadaan. Ngeluh sama temen-temen (maaf ya buat mereka yang udah mau dengerin gue yang ngeluh terus kerjaannya) dan juga orang tua. Susah untuk bersyukur barang sedikit pun. Seolah-olah hidup saya susah terus. Saya bosen. Capek sama tantangan di atas. Tapi..

Bukankah Tuhan kasih kita hidup untuk dinikmati? Untuk disyukuri? Yap. So, I think I have to stop grieving from now on. Saya akan mencoba bersyukur untuk setiap anugerah yang Dia beri. Sekecil apapun itu. Walaupun sulit, saya akan mencoba :) Bukankah hidup akan jadi lebih indah bila kita menjalaninya dengan penuh cinta dan senyuman? Dan bukan dengan gerutuan :)) Let's prove it, I'll try!

Back to the main topic. Sedikit banyak, quotes ini sangat menginspirasi saya untuk bangkit lagi. Semangat lagi. Semoga kalian yang membaca ini juga bisa semangat lagi yah! Kita gak boleh stuck, berhenti gitu aja di tengah jalan ketika kita mengalami kegagalan. Kehidupan dimulai lagi ketika kita bangkit dari kegagalan itu.

Bertekun di dalam kehidupan. Berjuang menghadapi berbagai kesulitan dan kegagalan. Kemudian selesaikan sampai akhir! BERTEKUN DAN MAJU SAMPAI AKHIR! Percaya bahwa Tuhan akan senantiasa mendampingi kita di setiap perjalanan hidup kita :)

And finally readers, I'll also want to say HAPPY SANTA URSULA'S DAY which is celebrated today, Oct 21th 2010. Semoga sekolah Santa Ursula semakin dan tetap jaya (seperti lirik lagunya) I'm proud to be the part of Sanurians, and to wear the green-chequered table cloth uniform! Love it so much!

St. Ursula

That's all for today :))


5 comments:

  1. Ternyata nggak gampang ya buat sekolah di sana. Tekanannya banyak. Apalagi masalah kondisi kelas itu, hmm pasti stress.

    Maaf ga bisa bantu banyak ya kak :<
    Cuma bisa berdoa aja semoga kakak bisa naik ke kelas 12 dengan nilai yang baik :)

    Dan yang pasti tetap semangat menjalani hidup dengan tetap bersyukur, ya, kak :)

    ReplyDelete
  2. Semangat ya Nia!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Jangan mudah putus asa!!!!!!!!!!!!
    Suatu apapun dapat kamu raih dengan usaha dan semangatmu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  3. @Jati Sarwo Edi

    makasih :)) amin amin semoga tercapai semua deh :D

    ReplyDelete
  4. Nia, jangan lupa janjimu!!!!!!!!!!!
    Katanya kamu ingin sekali memperbaiki bangsa dan negara ini!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete