Study in Canada? Why Not?


Saat ini saya duduk di kelas XI SMA.
Tak terasa satu setengah tahun lagi saya akan mengenyam bangku kuliah. Tak sedikit kerabat dekat maupun orang-orang yang saya jumpai menanyakan ini kepada saya : "Nanti rencananya mau kuliah di mana nih? Di Indonesia atau di luar negeri?" Biasanya saya hanya menjawab : "Wah belum kepikiran tuh. Tapi kayaknya sih pengen di luar negeri aja."

Jujur saja, saya benar-benar tak ada bayangan tentang akan melanjutkan kuliah di mana. Satu hal yang pasti, saya ingin sekali mewujudkan mimpi saya yang telah saya rajut sejak kecil : melanjutkan kuliah ke luar negeri. Hal ini bukan berarti saya tidak cinta Indonesia. Saya memutuskan ingin kuliah ke luar negeri karena saya ingin mencari pengalaman-pengalaman baru dan juga bersosialisasi dengan warga dunia lainnya. Selain itu, dengan belajar di luar negeri saya berharap bisa menjadi seseorang yang open-minded yang terbuka dengan hal-hal baru seiring dengan globalisasi.

Oleh karena itu, belakangan ini saya dan keluarga sedang berusaha mencari informasi mengenai universitas/college yang ada di luar negeri. Keluarga saya cenderung meminta saya untuk kuliah di negara yang relatif dekat dengan Indonesia, seperti misalnya Singapura, Malaysia dan Australia. Tetapi entah kenapa ayah saya juga memberi masukan untuk kuliah di Kanada. Padahal, seperti yang kita semua ketahui, jarak Indonesia dan Kanada sangatlah jauh. Ayah saya berkata bahwa Kanada adalah negara yang sangat nyaman dan juga aman. Selain itu dari aspek pendidikan, Kanada terbilang unggul dan merupakan salah satu destinasi studi terfavorit di dunia.

Saya jadi teringat beberapa minggu yang lalu, saya melihat poster Canada Education Services International (CESI) di papan pengumuman sekolah. Di situ terpampang jelas pengumuman tentang lomba blog untuk siswa SMA.



Saya pun tertarik untuk mengikutinya dengan alasan ingin semakin mengasah kemampuan saya dalam menulis dan tak lupa agar blog yang berisi pikiran-pikiran saya ini dapat semakin dikenal orang :) Dan pada akhirnya saya berharap apa yang saya tuangkan di tulisan ini mampu menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain.

Kemudian di rumah, saya coba membuka studyandworkincanada.org. Tak hanya informasi mengenai lomba blog saja, saya menemukan informasi mengenai mengapa kita harus belajar di Kanada. Saya kemudian browsing ke web lain di Internet untuk mencari informasi tentang pendidikan di Kanada. Inilah yang saya temukan :

"Pendidikan di Kanada disediakan, didanai dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi. Pendidikan di Kanada umumnya dibagi pada pendidikan Dasar (Primary School , Public School), kemudian pendidikan Menengah (High School) dan pendidikan tinggi (Universitas, College). Pada setiap provinsi-provinsi terdapat ada dewan sekolah yang mengawasi pelayanan pendidikan dan penyelenggaraan program-program pendidikan. Pendidikan wajib bagi pendudu kanada sampai usia 16 tahun di seluruh provinsi di Kanada, kecuali untuk Ontario dan New Brunswick, di mana usia wajib sampai 18 tahun. Di beberapa provinsi ada beberapa pengecualian untuk tidak wajib meneruskan pendidkan pada umur 14 tahun yang dapat diberikan dalam keadaan tertentu. Kanada mewajibkan sekolah selama 190 hari dalam setahun, secara resmi dimulai dari bulanSeptember (setelah Hari Buruh) sampai akhir bulan Juni (biasanya hari Jumat terakhir bulan, kecuali dalam beberapa kasus di Quebec ketika itu hanya sebelum Juni 24 - provinsi hari libur )." (sumber : wikipedia.com)


So, guys, why we have to study in Canada? Ada beberapa keunggulan pendidikan di Kanada yang membuat saya cukup tertarik untuk belajar ke negara yang terkenal dengan daun maple-nya itu:

1. Favorit

Kanada adalah salah satu destinasi studi terfavorit dengan lebih dari 200.000 siswa datang dari berbagai belahan dunia tiap tahunnya (sumber : Citizenship and Immigration Canada).


2. Sekolah sekaligus kerja part-time


Saya mempunyai seorang teman di dunia maya yang berasal dari Kanada. Ia tinggal di Ontario. Dan hal di atas memang benar bahwa Kanada mengizinkan siswanya untuk bekerja part-time hingga 20 jam per minggu dan bekerja setelah mereka lulus untuk 3 tahun ke depan (sumber : Citizenship and Immigration Canada). Menurutnya, hal ini sangat membantunya dalam mengembangkan diri. Selain menambah uang saku, juga dapat bersosialisasi dengan orang lain. Menyenangkan bukan? Kita akan mendapat uang saku dari hasil jerih payah sendiri tanpa harus meminta dari orang tua!


3. Biaya terjangkau

Belajar di Kanada memanglah tidak gratis, tetapi terjangkau. Biaya rata-rata untuk mahasiswa asing untuk satu tahun ajaran (8 bulan) dalam Program Seni dan Sains adalah C$7100 (US$4765). Tetapi, berbeda-beda dari institusi satu ke yang lainnya. Bagi mereka yang kurang mampu, pemerintah Kanada juga menyediakan beasiswa.


4. Kualitas terbaik

Kanada menempati peringkat ke-3 dunia dalam hal kualitas hidup yang tinggi, kualitas pendidikan, rendahnya kejahatan, komitmen menjaga perdamaian dan multikulturalisme. (Source : Human Development Index ranking). Selain itu Kanada juga terkenal dengan lingkungannya yang indah ramah. Mutu pendidikan yang tinggi akan membuat para orang tua tertarik untuk memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah yang ada di Kanada. Walaupun tiap institusi pendidikan di Kanada tidak diberi ranking, tetapi semua sekolah di Kanada menawarkan pendidikan dengan kualitas terbaiknya. Rendahnya kejahatan tentu membuat kita akan merasa aman dalam belajar. Lingkungan yang indah dan ramah mampu menyegarkan pikiran kita setelah lelah dan penat belajar. Dan multikulturalisme akan mampu memperkaya diri kita dengan budaya-budaya luar yang berbeda dengan kebudayaan kita sendiri. Menggiurkan bukan untuk belajar ke Kanada?

Multikulturalisme


5. Teknologi tinggi

Kanada termasuk satu di antara negara pertama di dunia yang menghubungkan sekolah dan perpustakaan dengan internet. Program SchoolNet telah menjadi contoh bagi negara-negara lainnya. Kanada SchoolNet juga berhasil membuat Kanada menjadi negara pertama di dunia yang menghubungkan sekolah dan perpustakaannya dengan informasi jalan raya.

Nah, banyak sekali bukan keuntungan studi di Kanada? Melihat keunggulan-keunggulan tentang belajar di Kanada di atas saya semakin berniat untuk melanjutkan studi di Kanada :)

Untuk informasi yang lebih lengkap, readers, silakan klik link di bawah ini : Canadian Education Services International (CESI) (http://studyandworkincanada.org) Menurut saya CESI adalah tempat di mana kita bisa mencari informasi tentang Kanada sebanyak-banyaknya. Lembaga ini mampu menjadi penghubung yang kredibel antara kebutuhan dan peluang antara Indonesia dan Kanada, terutama dalam bidang pendidikan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di Kanada. Lewat lembaga ini kita bisa dibantu untuk mencari universitas/college di Kanada yang sesuai dengan keinginan kita.

So, study in Canada? Why not? Distance should'nt be an obstacle for us to continue our study in Canada ;) WAIT FOR ME CANADA!

Sumber :
http://studyandworkincanada.org
http://wikipedia.com
http://google.com
http://studycanada.ca/indonesia/whycanada.htm


Comments

  1. I'd love it :) that's one of my biggest dream

    ReplyDelete
  2. GOOD JOB NIA!!!!!!!! you will surely win with this post :)

    -Tony , T.O

    ReplyDelete
  3. Kak semoga post-nya yang ini dibaca ya terus mimpi jadi kenyataan deh! Amin :)

    Kayanya seru tuh di Kanada, selain pelajarannya diakui dunia, lingkungannya mendukung juga buat berkembang apalagi dibolehin part-time. Hmm enak kali ya kalau bisa beneran?

    Goodluck kak, semoga CESI Comeptition-nya menang terus beneran bisa kuliah di sana. AMin :)



    KEEP MOVING FORWARD - W.Disney hehe

    ReplyDelete
  4. Good post :)
    I'd like to study in Canada too :)

    ReplyDelete
  5. niaaa canada sounds cool ya haha GOOD LUCK! ini bagus! :)))

    ReplyDelete
  6. waahhh niaa! ayo brjuang!! semoga dapet yaa ini beasiswanyaa! hihihi! pst bsaa! percaya diri yaaa!

    ReplyDelete
  7. amin, semoga nia bisa ke sana, semoga kita semua dapat meraih mimpi2 kita :D

    ReplyDelete
  8. I love canada :)
    Hope you can study in Canada!
    Best of luck~

    ReplyDelete
  9. keren banget kak..
    aku jadi tertarik kuliah di kanada juga deh haha
    semoga menang kompetisi nya ya kak.
    Godbless!

    ReplyDelete
  10. Canada is a good choice :D
    Good luck nia !! :)

    ReplyDelete
  11. keren :)
    jadi pengen studi ke kanada~~~

    ReplyDelete
  12. Wah, Canada pake bhs Inggris (ngga perlu bljr bahasa asing lain), murah, 4 seasons, bisa bljr bahasa prancis, apa lagi yang ditunggu. Good luck Nia!

    ReplyDelete
  13. Nia!!! u psti bisa dh bljr ke Kanada, gw yakin u bisa dpt beasiswanya, i'm optimistic you'll win this post ^^

    ReplyDelete
  14. study in Canada does look very promising, doesn't it? :D

    I'm considering going to Canada myself - but still, I'm not giving up on Japan. *snickers* XD

    Yang menarik itu sebenernya kesempatan buat kerja selagi kuliah, and the promise of work after study. Bener perlu tuh. *angguk2*

    *atika bahasa campur aduk ala gado2 cap ketoprak*

    good luck! *grins*

    ReplyDelete
  15. moga impiannya buat sekolah di canada bisa tercapai deh.. :)

    ReplyDelete
  16. Bagus Nia.. menarik banget ini.. Good Job! Good luck ya :)

    ReplyDelete
  17. good nia :)
    one of my dream too.hope u'll get ur dream

    ReplyDelete
  18. Love it~ I'll probably put Canada in my 'countriestoapplyscholarship' list :)
    not sure if I can't get it though --"
    anyway, let's pray both of us can reach our dreams

    ReplyDelete
  19. niaaa.. smoga cita-cita lo buat ngelanjutin skolah di Canada terwujud ya.. GBU ;)

    ReplyDelete
  20. Good-luck kak! omku baru aja lulus kuliah di canada, abis lulus langsung dapet kerjaan jadi IT di sana, semoga berhasil ya kak :D GOD BLESS !

    ReplyDelete
  21. Good-luck kak! omku baru aja lulus kuliah di canada, abis lulus langsung dapet kerjaan jadi IT di sana, semoga berhasil ya kak :D GOD BLESS !

    ReplyDelete
  22. WOOOOOOW SEMOGA SAMPAI KE CANADAAAA!

    ReplyDelete
  23. keren! bisa study disana, enak banget! goodluck ya kak buat competitionnya! smoga bisa terwujud keinginannya ^^

    ReplyDelete
  24. GOODLUCK kak nia! GodBlessYou and this post all the way :)

    ReplyDelete
  25. wah jadi tertarik juga :)
    semoga berhasil dapet beasiswa yaaaa

    ReplyDelete
  26. Wow.. U made me seriously considering to study there.. Haha.. It seems so fun there.. Btw, thanks for the post.. Like it so much! :D

    ReplyDelete
  27. you have an awesome post^^ love it so much. you inspire me to study in Canada actually, good job :D

    ReplyDelete
  28. tapi jauh niii :( dan disana supeeer dingin hahahaha. harus pikirin yang lain2nya juga tau :p

    ReplyDelete
  29. Dear jesslyn,
    thanks for your comment anyway. Yes, of course I do consider about everything for Canada. I think this might be the best choice to fulfill my dream and go to Canada to continue my study :) No doubt for Canada :D

    ReplyDelete
  30. good job! I wish I could continue my study there :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum