Thursday, June 30, 2011

Kalau Rezeki Gak Bakal ke Mana :)

Seperti biasa, hari ini saya berkeliaran di Twitter. Menyimak pembicaraan orang-orang di timeline. Bahkan terkadang "mengkepo" profile Twitter seseorang. Tiba-tiba ada tweet seperti ini di timeline saya :

Bagaimana reaksi Anda? Akuilah, sebagai manusia biasa yang tak sempurna, pasti niat (garis bawahi) untuk tidak mau memberitahu informasi itu kepada teman ada kan walau sedikit? Tweet ini benar-benar membuat saya tersentak dan sadar akan hal yang buruk ini. Saya pernah 'hampir' melakukan hal ini. Tidak mau berbagi informasi beasiswa dengan orang lain.

Saya ingat dengan peristiwa 2 tahun lalu. Di mana saya dan teman saya sama-sama berjuang untuk mendapatkan beasiswa SMA ke Singapore. Jadi, awalnya saya yang mengetahui informasi bahwa ASEAN membuka scholarship untuk lulusan SMP. Mulanya, saya berniat untuk diam-diam dan tidak memberitahu siapapun. Tapi, setelah mencoba berjuang sendirian mengisi formulir, rasanya hati ini gak tenang. Dan akhirnya, saya telepon teman saya untuk memberitahukan info itu. Kami pun saling mendiskusikan seputar beasiswa itu. Sampai-sampai deg-degan bareng nunggu pengumumannya. Namun sayang, kami berdua malah tak lolos ke tahap selanjutnya. Dan akhirnya saya tetap melanjutkan SMA di Jakarta *untunglah kami berdua gagal, kalo gak yang ada malah iri-irian satu sama lain *evil smirk* *

Nah, hal ini yang ingin saya bahas sekarang. Kenapa ya kita kadang-kadang jadi egois dan tidak mau berbagi info penting dengan orang lain?

cuman satu : takut kalah dengan teman

Menurut saya, mungkin inilah satu-satunya alasan utama kenapa kadang kita sulit berbagi dengan orang lain, dalam konteks ini adalah info beasiswa. Kita takut kalau kita kasih tau, nanti malah kita yang gagal, dan orang itu yang berhasil dapet beasiswa. Iya kan?

Kawan, hal ini juga yang pernah saya rasakan. Saya takut nanti malah saya yang gagal dan teman itu yang dapet beasiswa. Kita takut kalah dengan teman sendiri. Tapi, kita perlu buka mata. Saingan kita dalam mendapatkan beasiswa tidak cuman teman kita saja. Banyak sekali saingan yang mungkin lebih hebat daripada kita dan teman kita sendiri. Jadi, tidak mau berbagi info beasiswa dengan teman itu hal yang buruk. Bahkan kalau boleh saya bilang, orang yang suka memendam informasi beasiswa sendiri adalah orang yang serakah, pelit dan pengecut! Bisa saja kan, teman kita itu memang benar-benar ingin dan butuh beasiswa itu. Dan mungkin, siapa tau, sosok teman kita itulah yang memang dicari oleh badan penyelenggara beasiswa yang bersangkutan.

Dengan berbagi informasi beasiswa pada teman-teman, mungkin bisa jadi tambahan amunisi untuk semakin semangat berjuang dalam memperoleh beasiswa. Kenapa? Karena kita berjuang bersama-sama dan tentunya gak sendirian. Makin bagus kan kalau seandainya kita dan teman-teman sama-sama dapet beasiswa yang diinginkan!

Kemudian, gak perlu takut kalah dengan teman. Selama di bersekolah SMA saya yang sekarang, saya banyak belajar bahwa bersaing dengan teman itu memang perlu. Tapi.... bersainglah SECARA SEHAT dan FAIR. Percaya diri aja kalau kemampuan kita bisa lebih baik dari dia dan berjuang melakukan yang terbaik. Tapi, kalaupun pada akhirnya kamu harus "kalah", ya terima saja. Akui bahwa temanmu lebih baik daripada kamu. Sebagai teman, kita juga harus bisa tersenyum dan mendukung keberhasilannya. Kalau seorang teman kita sukses, kan kita juga yang senang. Bahkan kita bisa pamer dengan bangga kepada orang lain, lho!

Kita udah berbagi informasi dengan teman tentang beasiswa nih. Lalu, bagaimana kalau malah teman kalian yang dapet beasiswa? Tidak perlu iri, teman! Ini memang susah sih ya untuk dilakukan. Jujur saya sering merasa iri dengan teman-teman yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk pergi ke luar negeri. Tapi, seiring berjalannya waktu. Saya sadar. Tuhan pasti punya rencana terbaik buat setiap anak-Nya. Dan rencana Tuhan itu akan indah pada waktunya. Selain itu, yang terpenting : kalau emang udah rezeki kita, ya gak bakal ke mana. Percaya deh! Sama aja kayak jodoh :) Kalau emang udah rezeki kita dan tentunya rencana Tuhan buat kita dapetin beasiswa itu, pastilah beasiswa itu di tangan!

Never give up ^^

Jadi intinya... tetap berbagi dengan teman ya :) Jangan gampang iri dengan keberhasilan orang lain, kalau udah rezeki ga bakal kemana! Tetap percaya diri dan semangat melakukan yang terbaik! Pasti kita bisa dapetin beasiswa :D


"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir." - Pengkhotbah 3 : 11



No comments:

Post a Comment