Sunday, February 12, 2012

Daiseikou xD

Pada akhirnya gua ikut sidang kartul juga tanggal 4 Februari kemarin xD So far, sidangnya berjalan lancar. Untungnya gua gak ditanyain isi bab II nya yang berisi teori semua O__O Jadi, seiinget gua sih, pertanyaannya berkisar : jelaskan yang kamu tahu apa itu Metode Kumon, gimana sejarahnya, sejauh mana sih Kumon bisa membantu mengatasi problem perbedaan daya tangkap siswa terhadap Matematika. Sejauh itu pula pertanyaan-pertanyaan itu bisa gua jawab dengan baik. Tapi ada satu pertanyaan yang sepertinya gua menjawabnya kurang "nendang". Jadi pertanyaannya gini : "Menurut kamu, Kumon tuh mengganggu pelajaran Matematika yang diajarkan di sekolah gak sih, karena kan materinya berbeda dengan yang diajarkan di sekolah?"

Gua diem. Mikir sebentar. Terus gua cuma jawab : ya, gak bakal keganggu sih, Bu kalau menurut saya. Kemudian Bu Surti, penguji kartul gua nanya lagi : "Ya tapi kenapa tuh sebabnya? Contohnya saja ya, anak-anak yang sekarang banyak ikut BTA. BTA itu kan pelajarannya beda dengan yang diajarkan di sekolah, dan akibatnya banyak dari mereka yang mengabaikan ulangan-ulangan di sekolah. Menurut kamu kenapa?"

Dan akhirnya setelah 2 kali ditanya balik, gua jawab aja gini (karena udah ga ada ide, ga bisa mikir buat jawab apa) : "Menurut saya, itu konsekuensi mereka, Bu. Kalau mereka udah komit, ya mereka harus tetap menjalani kewajiban-kewajiban itu. Terganggu atau tidaknya tergantung dari mereka sendiri." Untungnya gua gak ditanyain lebih lanjut soal pertanyaan itu dan pindah ke pertanyaan lain. Gua terselamatkan bro. HAHAHA :)

Anyway, sekarang tinggal nge-jilid kartulnya. Gua bersyukur kartul gua tidak perlu rombak abis-abisan. Hanya revisi untuk ketikan yang salah-salah saja. Semoga hasilnya bagus deh. AMIN. Itung-itung kan latihan buat ngerjain skripsi di kuliah nanti :)

No comments:

Post a Comment