2014 - KEEP MOVING FORWARD

Di awal-awal tahun 2014 ini, gue merasa ada cukup banyak yang hal yang sudah gue lakukan untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Gue coba lamar volunteer, internship, dan magang sana-sini. Dan well, beberapa akhirnya keterima :")

Pertama, gue memutuskan untuk jadi asisten lab di mana gue mengajarkan praktek Ms. Office ke mahasiswa baru di kampus gue. Motifnya sih pengen meningkatkan kemampuan public speaking. Well, it wasn't easy as first. Untuk seseorang yang pemalu kayak gue, tiba-tiba harus belajar ngomong di depan banyak orang. Cukup menantang. Tapi untungnya mahasiswa barunya cukup respect ke gue dan yang terpenting adalah gue gak dicuekin waktu ngajar di depan kelas :") And I'm start to think that teaching is actually fun. Gue jadi taunya gimana rasanya dosen atau guru yang ketika lagi capek cuap-cuap di depan kelas, ternyata dicuekin murid-muridnya. Selain itu juga gue mulai sedikit2 bisa mengatur waktu antara mata kuliah yang harus gue pelajarin sendiri sama bahan/materi yang harus gue ajarkan. Terus satu lagi yang gue seneng jadi asisten lab adalah karena kita kerja bareng2 aslab lainnya dalam satu tim. Yah, memang sih gaji dari asisten lab ini gak seberapa, tapi gue memang lebih mengutamakan dapet pengalamannya aja sih. Urusan gaji dll. mah belakangan deh pokoknya :)

Kedua, gue iseng-iseng nyoba daftar di LitBox Apprenticeship 2014 milik Kak Ika Natassa. Buat yang gak tau siapa itu Kak Ika, doi ini penulis novel Antologi Rasa yang fenomenal itu. Jadi, LitBox Apprenticeship ini adalah program-magang-yang-bahkan-gak-perlu-ke-kantor untuk bisnis start-up literaturnya Kak Ika. Mimpi gue sih, sebenernya gak pengen kerja sama orang, tapi pengen bikin bisnis sendiri. Tapi ya gue pikir harus dapet insight dulu lah dari orang yang udah terjun ke bisnis duluan, jadi gue ada bekal untuk bikin bisnis sendiri di kemudian hari. Puji Tuhan, setelah melalui 2 tahap seleksi, gue keterima jadi salah satu apprentice di program ini :")

Ketiga, gue juga daftar untuk jadi buzzer volunteer di Festival Bakat 2014. Dan yang satu ini keterima jugaak :) Jadi tugasnya buzzer ini adalah menyebarkan informasi mengenai acara tsb via Twitter. Nah, karena jadi volunteer ini, kadang gue kultwit di timeline Twitter gue. Akibatnya, gue jadi ikutanlah baca-baca artikel tentang pengembangan bakat anak, dsb - pokoknya tentang dunia anaknya. And guess what? Somehow gue jadi tertarik dan concern dengan dunia anak-anak.

Nah, untuk hal pertama dan kedua tadi... Gue bener-bener merasakan keajaiban dari quote Paulo Coelho yang terkenal ini : "When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it." - The Alchemist. Ketika kamu pengen sesuatu, seisi jagat raya berkonspirasi membantumu dalam mencapainya. This word was truly magical for me :") Waktu itu gue bener-bener ngotot, pokoknya gue pengen banget bisa jadi asisten lab dan gue harus keterima program magang LitBox. Dan apa? Gue keterima dua-duanya. Puji Tuhan! Hal ini juga yang bikin gue percaya kalo lo punya kemauan yang kuat, punya mimpi yang besar (walau se-gak mungkin dan se-mustahil apapun mimpi lo), dengan keyakinan yang besar pasti suatu hari akan terwujud. And it happens to me :)

Tahun ini gue jalan 21 tahun, harus semakin mulai melangkah meninggalkan comfort zone gue. Mulai bergerak dan harus berusaha melakukan sesuatu untuk mencapai mimpi-mimpi gue. Dan gak lupa harus makin pinter bagi waktu antara kegiatan akademis dan non-akademis supaya seimbang :)

Berharap dapat banyak pelajaran dan pengalaman di tahun 2014 ini!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum