Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

Pertama-tama saya ingin menjelaskan dulu tentang apa sih Beswan Djarum itu? Jadi Beswan Djarum adalah bentuk bakti dari Djarum Foundation yang terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. 

Nah, yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lain adalah, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga akan diberikan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. 

Pelatihan soft skills ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure dan juga Community Empowerment

Melalui pembudayaan dan pemberdayaan para penerima program Djarum Beasiswa Plus ini, rangkaian pelatihan tersebut dimaksudkan untuk menyeimbangkan pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai ketrampilan lunak (soft skills) yang diperoleh dari program ini. Tujuannya agar Beswan Djarum di kemudian hari menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cakap secara intelegensia maupun emosional. (sumber : http://djarumbeasiswaplus.org)

Sebagai orang yang memang suka mencoba hal-hal baru, saya juga gak mau ketinggalan. Karena menurut saya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan sebagai Beswan Djarum. Pertama, bantuan dana kuliah sebesar Rp 750.000 per bulannya selama 1 tahun. Kemudian para penerima Beswan juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan soft skills dan pengembangan diri.

Saya mencoba untuk sharing pengalaman saya sewaktu ikut Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 10 - 12 Juli 2014 di Jakarta. Siapa tahu bermanfaat buat teman-teman lain yang akan mengikuti seleksi, mengingat seleksi masih akan berlangsung hingga Agustus nanti :D

***

Awalnya sih saya iseng mencoba mengirimkan berkas-berkas administrasi :
1. Mengisi form online di website Djarum Beasiswa Plus
2. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater
3. Fotocopy Kartu Mahasiswa
4. Fotocopy Transkrip Nilai sampai semester III
5. Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi
6. Ijazah/Tanda Lulus SMA
7. Surat keterangan dari Kampus tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Berkas ini saya kirimkan ke alamat kantor Djarum. Kenapa iseng? Karena pada saat yang bersamaan saya masih menunggu pengumuman dari beasiswa lain dan saya benar-benar berharap banyak mendapatkan beasiswa X tersebut. Eh tapi kenyataannya, saya belum berhasil mendapatkannya dan sempat down banget. Selain itu saya menganggap apply ini untuk coba-coba saja karena "kalau keterima ya syukur, kalau gak terima ya sudah gapapa". Saya gak mau berharap berlebihan lagi.

Kira-kira 8 hari sebelum tes yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta untuk UIN Syarif Hidayatullah, Univ. Paramadina, Univ. Katolik Indonesia Atma Jaya, Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Univ. Nasional, Univ. Bina Nusantara dan Univ. Tarumanagara, tak disangka-sangka saya mendapat e-mail dan sms yang memberitahukan bahwa saya lolos tahap administrasi. Saya pun diundang untuk mengikuti tes yang diadakan di Gedung Smesco Indonesia, Lt. 4 - Ruang Serbaguna Nareswara.



Beberapa hari sebelum tes saya sempat galau karena trauma ditolak beasiswa X. Saya sempat tidak ingin datang ke tes ini karena takut gagal lagi. Tapi di sisi lain saya berpikir kesempatan seperti ini kan tidak datang dua kali, apalagi Beswan Djarum hanya ditawarkan untuk mahasiswa/i semester 4, jadi gak ada tuh "coba lagi tahun depan". Dan saya rasa Djarum Beasiswa Plus ini sangat istimewa karena selain benefit-benefit (bantuan dana pendidikan dan soft skills) tentunya ada kebanggaan tersendiri dengan menjadi Beswan Djarum, yaitu setiap penerima beasiswa Djarum akan mendapat gelar Beswan Djarum (dari kata best-one >> beswan) dan bonusnya akan mendapat teman-teman dari seluruh penjuru Indonesia. Wow banget kan networking kita jadi bertambah luas dan katanya sih Djarum ini memberikan kesempatan kepada perusahaan-perusahaan agar penerima Beswan jadi prioritas.

Akhirnya saya pun move on dan memutuskan akan datang ke seleksinya. Walaupun nanti akhirnya gagal, at least I've tried, ya kan? Jadi gak nyesel banget gitu, daripada gak mencoba sama sekali. You never know if you never try. Gagal adalah pengalaman yang mendewasakan. Saya terus mengingatkan diri saya untuk tidak kalah sebelum berperang dan gak mau jadi orang yang menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Jadi saya hilangkan rasa takut akan kegagalan yang pernah saya alami sebelumnya dan mencoba berjuang untuk mendapatkan beasiswa ini. Hitung-hitung juga untuk menguji kemampuan diri dan bersaing secara sehat dengan mahasiswa berprestasi lainnya. 

Akhirnya tibalah tanggal 10 Juli 2014. Jam 7 tepat saya sudah sampai di lokasi tes. Di sana saya bertemu dengan teman-teman sejurusan dan sefakultas. Dan tak disangka saya juga bertemu dengan seorang teman SMA yang sekarang kuliah di universitas yang berbeda. Wah jadi reunian kecil nih! :D

Tes dijadwalkan mulai jam 07.30 tapi nyatanya kami baru diperbolehkan masuk ruangan sekitar pukul 08.00. Saat memasuki ruangan, di meja yang sudah disediakan masing-masing sudah disediakan ini nih : 


Kece banget ya! Baru tahap seleksi aja udah dapet gratisan kayak notes dan pulpen, gimana kalau benar-benar terpilih jadi Beswan Djarum? Pastinya bakal lebih banyak lagi fasilitas gratis yang didapatkan.

Pada tes hari itu bisa dilihat kalau peserta dari Unika Atma Jaya (kampus saya tercinta :D) paling banyak di antara universitas lain. Udah banyak banget, terus jaket almamaternya paling genjreng sendiri dengan warna oranye yang mencolok itu (universitas lain kan jaketnya biru dongker, merah maroon atau hijau tua). Kurang hits apa coba? Haha :D Tes pun akhirnya mulai sekitar jam 08.30.

Credits to : https://path.com/p/3aB7uF

Seleksi lanjutan dari tahap administrasi terbagi menjadi 3 tahap :
1. TPA (Tes Potensi Akademik) dan Psikotest
2. FGD (Focus Group Discussion)
3. Interview

***

1. TPA (Tes Potensi Akademik) dan Psikotest
Pada tes ini kami diberi lembar jawab dan buku soal yang berisi sekitar 250 soal TPA. Tesnya bervariasi mulai dari bacaan, pengetahuan umum, soal matematika, baris dan deret, verbal, logika dan bahasa. Untuk TPA ini kami diminta untuk menyilang lembar jawaban dengan pulpen hitam. Tes ini seperti selayaknya TPA saat masuk SMP/SMA. Jadi jawab aja sebisa kalian dan usahakan kalian menjawab semua soal ya.

Selanjutnya ada WARTEGG Test, Draw a Tree Test dan Draw a Man Test. Ini bukan kali pertama saya menghadapi tes semacam ini, karena saat tes masuk SMA saya pernah mengalaminya. Untuk WARTEGG Test kalian bisa browsing di Internet (beserta makna dan tips lebih lanjut dari tes ini), contohnya seperti ini :



Pada WARTEGG TEST kami diminta untuk menggambar 8 gambar dari beberapa bentuk/simbol yang sebelumnya telah disediakan di 8 kotak (gambar atas). Setelah selesai menggambar, kami diminta untuk menuliskan urutan gambar (sesuka hati kita) dengan cara menuliskan angka 1-8 di luar kotak-kotak tersebut. Setelah itu di bawah 8 kotak tersebut kami diminta untuk menuliskan judul masing-masing gambar tersebut. Contohnya :
1 : papan panah 
2 : bunga
3 : dll...
Setelah itu kami diminta untuk memilih gambar mana yang disukai, yang paling tidak disukai, yang paling gampang digambar dan yang paling sulit digambar. Saran saya sih browsing dulu sehari sebelumnya di Internet kira-kira mau gambar apa, karena polanya yang mesti dilanjutkan untuk digambar pasti selalu sama kok (lihat gambar di atas). Ini untuk menghemat waktu dan menghindari kebingungan mau gambar apa di kedelapan kotak tersebut.

Tes selanjutnya adalah DRAW A TREE TEST. Saran saya sih gambarlah pohon lengkap dengan bagian-bagiannya (akar, batang, daun hingga buah). Dan seperti perintahnya, hindari gambar pohon yang tidak berkambium, misalnya pohon bambu. Kalau saya setiap ada tes seperti ini, saya pasti gambar pohon apel :)

Tes terakhir adalah DRAW A MAN TEST. Sama seperti pohon, gambarlah manusia dengan anggota tubuh yang lengkap. Saran saya gambarlah orang yang jenis kelaminnya sama dengan kalian dan gambarkan saat orang itu sedang beraktivitas. Kemarin saya gambar perempuan yang sedang presentasi di tempat kerjanya.

Oh iya, catatan penting untuk psikotesnya (yang gambar-menggambar tadi), kita akan diberikan pensil HB dari pihak Djarum lalu saat menggambar itu kita tidak diperkenankan untuk menggunakan penghapus! Jadi rileks, stay calm tapi harus pikir cepat dan taktis mau gambar apa, kayak gimana, karena ada batas waktunya juga selain gak boleh menghapus gambarnya.

Saran saya untuk tes tahap ini tidur yang cukup sehari sebelumnya biar gak ngantuk (karena jujur saya waktu ngerjain tes itu agak-agak ngantuk lemes gitu haha) dan sebelum tes kalau bisa ke kamar mandi dulu; gak lucu kan waktu tes yang berlangung sekitar 3 jam ini kalian nahan pipis?!). Jangan lupa sarapan biar fit. Dan intinya jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada dan menggambar dengan jujur, jadi diri kalian sendiri aja. Karena kalau menurut saya tes ini lebih ke arah psikotesnya untuk melihat apakah karakter kalian cocok dan sesuai dengan yang dicari oleh Panitia Beswan Djarum.

Tes ini selesai pukul 11.30. Sekitar 1 jam kemudian, nama-nama yang lolos ke tahap selanjutnya diumumkan dan Puji Tuhan saya lolos *padahal waktu itu dalam hati udah pengen cepet pulang aja karena ngantuk xD* Bila kalian sudah melewati tahap TPA dan Psikotest ini saya ucapkan selamat! Karena pada tes ini pesertanya dipangkas habis-habisan. Contohnya saat tes kemarin, dari sekitar 900-an orang, hanya terpilih sekitar 50-70an orang saja untuk menghadapi tahapan selanjutnya (kalau saya tidak salah ingat). Jadi persiapkan diri sebaik mungkin untuk tahap pertama ini! Jika kalian lolos, maka tidak akan ada lagi sistem gugur dan kalian bisa menghadapi seleksi final yaitu interview.

2. FGD (Focus Group Discussion)
Untuk FGD saya rasa tentatif (bisa diadakan bisa tidak), mengingat rekan-rekan dari Universitas Paramadina (seingat saya) yang telah lolos tes TPA dan Psikotest langsung menghadapi interview karena jumlahnya yang terlalu sedikit dan tidak memungkinkan untuk diikutkan FGD. 

Setelah lolos dari tahap TPA dan Psikotest, kebetulan Univ Atma Jaya dan UIN Syarif Hidayatullah mendapat jadwal untuk FGD pada hari yang sama (10 Juli 2014 jam 14.00). Namun karena lokasi FGD bertempat di Universitas Paramadina, akhirnya kami bareng-bareng keluar dari Gedung Smesco lalu berjalan sekitar 300 m menuju Univ Paramadina tepatnya di Auditorium Nurcholis Majid. Pada tahap FGD ini, kami dibagi menjadi 7 kelompok di mana 1 kelompoknya berisi 8 orang. Kelompoknya berisi campuran dari mahasiswa Univ Atma Jaya dan UIN Syarif Hidayatullah. Sambil menunggu FGD mulai, saya sempat kenalan dan ngobrol dengan mahasiswa dari UIN. FGD dimulai sekitar pukul 14.30.

Credits to : http://instagram.com/jasmineheryanto

Dalam FGD ini ada beberapa pokok permasalahan yang akan dibahas. Setiap kelompok diberikan artikel yang berisi topik masalah dan waktu membahas masalah selama 15 menit, dan kemudian masing-masing kelompok ditugaskan untuk mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan semua kelompok. Lama presentasi adalah 15 menit yang terbagi menjadi 5 menit presentasi dan 10 menit sesi tanya jawab. Saat itu kelompok saya mendapat topik tentang RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).


Dalam FGD ini saya sudah mengungkapkan pendapat dan ide saya sendiri sewaktu membahas masalah dan mempresentasikan masalah tersebut di hadapan semua kelompok. Agak pesimis dan gak berharap banyak sih untuk FGD ini karena saya ini tipe yang kalem dan pendiam, lebih banyak mendengarkan dan kurang jago ngomong di depan orang banyak/debat :D Apalagi kebetulan kelompok saya waktu itu (kelompok 6) memutuskan maju pertama kali untuk mempresentasikan topik dan akibatnya waktu 5 menit itu kurang bisa kami manfaatkan dengan baik karena kami belum menyampaikan solusi dari topik yang diberikan. Yang penting di sini adalah kalian memberikan opini pribadi, tapi juga jangan terlalu dominan. Tetap rendah hati dan jangan sombong.

3. Interview
Semua peserta yang lolos FGD otomatis lolos untuk tahap interview. Fiuh :) Untuk tahap akhir interview ini saya mendapat jadwal 12 Juli 2014 jam 10.00. Namun ternyata jam 09.50 saya sudah masuk ruangan. Saat itu saya di-interview dengan Ibu Sandra Kumalasari. Dalam hati saya bersyukur diwawancara oleh 1 orang karena di meja sebelahnya rata-rata diwawancara oleh 2 orang. Di meja interview, ternyata mereka (interviewer) sudah memiliki berkas-berkas (semacam CV yang pertama kali kita apply di website Djarum pada tahap administrasi) para peserta, dan tak lupa hasil psikotest masing-masing. Waktu itu saya sempat mencuri pandang ke arah kertas WARTEGG Test milik saya.

Inti pertanyaannya sih lebih menjurus ke pertanyaan seputar apa aktivitas di kampus, kontribusi di organisasi, ketika ada masalah terbesar yang timbul di organisasi dan bagaimana menghadapinya, tahu Beswan Djarum dari mana dan motivasi ikut Beswan Djarum. Lalu setelah itu bagaimana komitmen kalau misalnya diterima jadi Beswan Djarum (yang ini ditanya gimana kalau ketinggalan pelajaran dan cara mengatur prioritas). Pertanyaannya saling berhubungan jadi pastikan kamu punya argumen yang kuat. Tenang saja, pertanyaannya bukan pertanyaan retorika seperti wawancara oprec panitia di kampus, yang "kalau misalnya begini... kamu gimana? kalau begitu gimana?" Yang terpenting untuk interview ini : tenang, rileks, jujur dan let it flow. Interviewer gak butuh jawaban bagus berapi-api, intinya jawab sesuai keadaan kamu sekarang apa adanya dalam artian gak dilebih-lebihkan tapi juga jangan mengurangi.

Interview saya berakhir setelah 20 - 25 menit. Di akhir interview, Ibu Sandra menanyakan kepada saya di bulan Juni-Juli ini sedang ada kegiatan apa. Lalu saya jawab di kampus kebetulan ada semester pendek tapi saya tidak ikut dan sedang sibuk mengurus acara UKM. Dan ternyata apa? Beliau malah memberikan saya tawaran untuk magang di blibli.com, mungkin untuk bagian content writer. Ibu Sandra ternyata salah satu penanggung jawab divisi E-Commerce di blibli.com, salah satu situs jual beli yang ternyata masih satu grup dengan PT Djarum. Ini karena di awal interview saya mengatakan bahwa hobi saya nge-blog lalu saya juga menceritakan pengalaman saya menjadi asisten dosen E-Commerce dan pemimpin redaksi majalah di salah satu UKM di kampus. Mungkin beliau ini kaget kali ya denger kata E-Commerce :) (padahal kalau di kampus saya E-Commerce itu mata kuliah yang mengajarkan praktik Ms. Office; yang gak ada hubungannya sama sekali sama transaksi bisnis xD).

Jujur saja ini benar-benar gak disangka banget. Kebetulan dari bulan lalu saya memang sedang mencari magang untuk mengisi liburan, namun belum ketemu yang cocok karena selalu kurang pas waktunya (bisa dibilang saya terlambat untuk apply). Eh ternyata saya malah ditawari kesempatan untuk magang lewat interview Beswan Djarum ini :D God always works in mysterious way, isn't He? :') Kesempatan ternyata bisa datang dari mana saja. And I hope it's a good sign for me to be accepted as a Beswan Djarum!

***

To sum up, saran dari saya sih untuk seleksi Beswan Djarum ini tetap jadi dirimu sendiri, percaya diri dan jujur sewaktu menghadapi interview. Do your best dan nothing to lose, tetap rileks, persiapkan fisik dan mental juga, karena tantangan terbesar di seleksi ini adalah TPA dan Psikotest (karena pakai sistem gugur dan peserta dipangkas habis-habisan di sini). Jadi kalau sudah lolos TPA dan Psikotest boleh sedikit lega karena kamu juga akan mengikuti tahapan final seleksi yaitu interview. Terakhir dan yang terpenting jangan lupa minta doa restu dari orang tua dan berdoa, karena kalau Tuhan sudah berkehendak, apapun bisa terjadi dan yang kamu impikan pun pasti bisa tercapai.

***

Well, saat saya menuliskan ini saya masih menunggu dan harap-harap cemas apakah nantinya dapat bergabung dengan keluarga besar Beswan Djarum atau tidak. VNGUE (nomor peserta saya), let's wait and see on August 31st 2014 ;) Gak mau berharap banyak sih tapi tetap optimis dan berpengharapan baik. God will give me what I deserve.

[UPDATED] 

Tiba di hari pengumuman tanggal 31 Agustus 2014, puji Tuhan saya sangat bahagia dan bangga pada diri  sendiri. Saya dinyatakan LOLOS sebagai salah satu Beswan Djarum angkatan ke-30 Tahun Ajaran 2014/2015. Sungguh momen membahagiakan yang tak pernah saya sangka sebelumnya. Post tentang ini bisa dibaca di sini


Untuk teman-teman yang ingin mendaftar menjadi Beswan Djarum periode berikutnya (terutama teman-teman yang duduk di semester 4), semoga berhasil yah. Lakukan persiapan mulai dari sekarang; terutama untuk psikotesnya! Menjadi Beswan Djarum adalah kesempatan sekali seumur hidup yang benar-benar tidak boleh kalian lewatkan. It's gonna be your very proudest once in a lifetime achievement! Jika kalian ingin bertanya, feel free untuk leave comment di post sini ataupun via e-mail. Jangan sungkan-sungkan ya :) Good luck, guys!

Nation Building : http://eugeniasepthariani.blogspot.com/2014/11/nation-building-beswan-djarum-2014-2015-part1.html
Character Building : http://eugeniasepthariani.blogspot.com/2015/01/character-building-beswan-djarum-2014-2015-part1.html

Leadership Development : SOON



Salam Beswan
Eugenia Septhariani
Beswan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 2014/2015


TWITTER/ASKFM : @eugeniatheodora | INSTAGRAM : @eugeniasepthariani
E-MAIL : eugeniasepthariani[at]gmail[dot]com

Comments

  1. Replies
    1. Wah, mungkin belum rejekinya, tetap semangat ya! :)
      Terima kasih atas comment-nya

      Delete
  2. Wah terimakasih buat postinganya kak, sangat inspiratif, sekarang saya di semester 4, semoga bisa jadi beswan djarum juga nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih comment-nya :) Good luck, ya! Kalau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan ;)

      Delete
  3. Wah kak ceritanya ngasih motivasi, bangga banget ya bisa jadi Beswan. Mau coba tahun ini, semoga sukses :'). Btw aku dr Atma Jaya Yogyakarta kak. Salam kenal

    ReplyDelete
  4. saya udah kirim email. mohon dibaca dan dibalas.
    Thaks.

    ReplyDelete
  5. makasih kak untuk sharingnya.. :D
    kalau boleh tau organisasi yang paling dilirik dari djarum itu yang dalam bentuk kepengurusan atau kepanitiaan ya ?
    dan itu di dalamkampus atau di luar kampus ? :D
    makasih kak, Tuhan Memberkati.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kepengurusan dan kepanitiaan sama saja. Djarum intinya ingin melihat setidaknya kamu pernah gak sih berorganisasi. Jangan terlalu takut juga, soalnya belum tentu yang sangat aktif organisasi keterima ;) Ada juga beberapa yang ketolak.

      Delete
  6. makasih kak postingannya :)
    jadi termotivasi semoga bisa jadi beswan djarum juga tahun ini.

    ReplyDelete
  7. Wah sangat menginspirasi kak...
    Saya sudah apply berkas nih kak..
    Doakan ya semoga bisa jadi beswa seperti kk :)
    Salam.

    ReplyDelete
  8. kak, makasih ya postingannya. berguna banget :) saya baru aja apply berkasnya ke panitia djarum, semoga keterima :) oh iya kak, kaka tau ngga berapa jumlah mahasiswa yang keterima jadi beswan djarum tiap taunnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nadia, good luck yaa!
      Btw untuk jumlah mahasiswa yang keterima tiap tahunnya gak tentu jumlahnya, tapi tahun2 belakangan ini jumlahnya sekitar 500an. Angkatanku (Beswan 30) ada 516 orang :)

      Delete
  9. Wahhh bagus baget, inspiratif, luar biasa...kak sukses buat kak Eugenia Septhariani tahun ini saya juga nyoba .... :)

    ReplyDelete
  10. untuk pakaian ketika seleksi itu pakai pakaian formal atau tidak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya mengenakan jas almamater. Nanti kalau lolos seleksi administrasi akan diinfokan kok :)

      Delete
  11. Kak mau nanya .. kan diundangan itu tes nya dari jam 7.30 sampai 17.00 itu full bener sampe jam segitu kak ? trus interviewnya pake bahasa indonesia atau inggris kak ? Makasi..Gbu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa sampe jam segitu ya karena bisa aja tes tertulis, pengumuman lolos ke tahap berikutnya, FGD dan interview langsung dalam satu hari ;)
      Interviewnya bahasa indonesia kok.
      Good luck!

      Delete
  12. terimakasih kaq
    semoga bisa saya gali pngalaman kakaq untuk bekal tes besok selasa 9 juni 2015

    ReplyDelete
  13. Kak. Sekarang puji tahan aku lolos adminsitrasi ini.. Yabg sy tanyakan, kmrin pas pengisian form yang saya cantumkan hanya 3 kegiatan ,pdahal sktar 12 kegiatan yg aku pernah aku ikut di kampus, apakh itu nanti mengurangi nilai? Atau pas interciew bisa jadi di tanyakan kembaki kegiatan selain lita cantunkan do form pendaftara? terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah good luck yaa sudah lolos administrasi!
      Setau aku gpp kok. Yang penting sekarang lolos dulu yah psikotesnya biar bisa dijelasin lagi waktu interviewnya! Good luck!

      Delete
  14. pengen tau jawaban kakak pas interview dong.

    ReplyDelete
  15. Hi ka, mksih buat sharingnya. Kebetulan aku juga lolos sleksi administrasi. Mau tnya dong ka, kira2 tips untuk tpanya gmna ya? Wktu kmrn kk ada coba2 latihan? Browsing soal atau gmna?
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat ya lolos administrasi!
      Hmm gaada tips khusus sih haha. Be yourself aja~ aku cuma google yang untuk wartegg tes dan draw a man and tree test aja untuk cari referensi, selebihnya psikotes dan pengetahuan umum biasa :) Tidur cukup aja sehari sebelum tes ya
      Good luck!

      Delete
  16. Halo kak, salam kenal :)
    Saya Melvi dari Padang, alhamdulillah Melvi juga lulus administrasi :), Mel mau nanya kak,
    waktu utk tes psikotes itu d batasi ya kak utk stiap bgian tesnya ? misalnya, tes membaca diberi waktu 20 menit, setelah itu selesai ga slesai hrus lnjut ke tes pengetahuan umum, apakah itu bnar kak ? makasih kak atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Melvi :)
      Yap, untuk tes psikotes tiap bagian dibatasi waktunya. Kalau gak selesai ya langsung lanjut ke bagian lainnya sesuai dengan petunjuk panitia seleksi :)
      Fokus aja karena waktu per bagian terbatas.
      Good luck!

      Delete
  17. sangat menginspirasi. terimakasih buat kisahnya :)
    semoga gw bisa ngikuti jejak ditahun ini. doakan saya :)
    salam : christian silalahi - universitas sumatera utara

    ReplyDelete
  18. Oh iya kalo boleh tau jumlah peserta yang lolos tahap interview ada berapa org ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf untuk kuota saya kurang tahu. Tergantung dr panitia seleksi Beswan Djarum nya

      Delete
  19. Kak mau nanya nih, hehe..
    Untuk FGD yg harus punya opini masing2 itu pas presentasi anggotanya satu persatu menyatakan opininya atau dibacakan oleh satu orang kak?
    Terus untuk interview apa ada di singgung atau di tes tentang bahasa yg kita buat di form kaya bahasa inggris dan bahasa lainnya itu ya kak?
    Makasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk FGD saat masih diskusi kelompok sebaiknya coba punya opini masing2. Lalu saat presentasi hasilnya biasanya dibagi2 tugas gitu siapa yg ngomong hal A, B, C dst. Tergantung keputusan kelompok kok.
      Untuk interview itu biasanya ditanya seputar motivasi ikut Beswan, kegiatan di kampus apa aja dan semua yang sudah kamu tuliskan waktu pendaftaran online.
      Good luck yaaah!

      Delete
    2. Bahasa asing kita juga di tes lh ya kak di interview??
      Iya kak, makasih ya kak. Hehe

      Delete
  20. kak, Beswan Djarum ini cuman untuk mahasiswa yang kampusnya terdaftar program Beswan Djarum apa mahasiswa diluar itu juga bisa ikut juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Untuk saat ini setau saya hanya bisa untuk mahasiswa yang kampusnya memang terdaftar sebagai penerima Beswan Djarum. Coba cek kampusmu di www.djarumbeasiswaplus.org :)

      Delete
  21. Hai kak! Terimakasih banyak sudah berbagii kisah dan informasinya ya... selamat juga sudah menjadi beswan.. kalo boleh tau, pelatihan softskillnya itu dilaksanakannya kapan yah kak? Apakah masih dalam rentang libur semester? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilaksanakannya mulai bulan November awal hingga April kalau tidak salah. Tidak mesti dalam libur semester sih, kadang kita mesti izin kelas untuk bisa ikutin kegiatannya. Tapi tenang aja udah disiapin sama Djarum kok surat izinnya :)

      Delete
  22. Seneng banget baca cerita pengalaman kakak, saat berjuang buat bisa jadi beswan djarum. Aku sudah lolos tahap administrasi, tapi deg degan bgt mau ikut tes selanjutnya kak. Soalnya kayaknya tes seleksi nya banyak melibatkan kemampuan verbal ya ka ? Aku ga terlalu bisa ngomong soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :)
      Wah selamat sudah lolos tahap administrasi!
      Tahap selanjutnya tes tertulis, lalu FGD dan interview. Ya memang untuk FGD dan interview lebih banyak melibatkan kemampuan verbal, terutama FGD. Saya sebenarnya juga kurang bisa dalam public speaking pada awalnya, tapi tetep berusaha aja kasih yang terbaik. Bisa mulai google tentang apa sih FGD itu dan gimana menghadapinya. Good luck ya!

      Delete
  23. kak itu beasiswa cuma utk mahasiswa semester 4? beasiswanya cuma utk setahun ya? dan pelatihan soft skill nya itu utk setahun selama diksh beasiswa aja atau bisa lebih? btw biaya pendaftaran brp ya? dan pas ngerjain tpa kan 250 soal, itu diksh waktu brp jam ya? kerasa lama bgt apa malah cepet kak? (tpa yg verbal, itungan, dll, bukan yg wartegg dan gmbr org). maaf kak nanya banyak hehe makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Shinta.
      Iya, Beasiswa Djarum terbuka untuk mahasiswa semester 4 dan untuk satu tahun ajaran.
      Untuk soft skillnya selama 1 tahun masa bakti menjadi Beswan Djarumnya saja.
      Tidak ada biaya pendaftaran sama sekali kok.
      Untuk TPA ada waktunya tiap bagian, mungkin sekitar 10-15 menit jadi ya tentu saja terasa cepat :)

      Delete
  24. makasih kak atas share pengalaman nya :) saya mau tanya, tiap kampus biasanya ada perwakilan yang dapet Beswan gak? ada jatah per kampus nya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :)

      Setahu saya tidak ada jatah setiap kampus. Bisa saja banyak yang dapet beasiswanya, bisa juga ada yang tidak dapat sama sekali. Makin banyak temen-temen kamu dalam satu kampus yang daftar, makin besar pula peluang kamu menjadi Beswan Djarum. Semoga membantu ya :)
      Good luck!

      Delete
  25. terimakasih dan sangat membantu sekali kak. saya mau tanya, saya sedikit minder dengan prestasi yang saya milikii. seberapa besar sih kak pengaruh prestasi pada pemilihan beswan djarum ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir :)
      Wah jangan minder, tetap optimis yaah! Kalau saya pribadi dibanding temen2 satu kampus yang lolos Beswan memang saya pernah merasa sedikit pesimis juga karena prestasi saya tidak sebanyak prestasi mereka. Tapi justru gara2 itu jadi lebih nothing to lose waktu mengikuti tes seleksinya. Yang lebih penting adalah tunjukkan kalau kamu orangnya mau belajar dan suka belajar hal-hal baru dan pantas dapetin beasiswanya. Semangaaat!

      Delete
  26. Kak untuk 250 soal tpa nya kaya gimana? Kaya waktu sbmptn gitu atau soal2 psikotest yg ada bagian2nya trs diwaktu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya tidak pernah ikut SBMPTN. Tapi tes tertulisnya soal2 TPA dan psikotes yang bagian2nya dibatasi dengan waktu. Bisa search di Google contoh2nya
      Good luck!

      Delete
  27. salam kenal .. saya imail anda . mohon di balas ya, trimakasih

    ReplyDelete
  28. Salam
    kak aku mau tanya nih, persiapan kaka untuk menghadapi test apakah melulu harus banget belajar atau apa ?makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gifar :)

      Kalau saya sih cuma searching sekilas di Google tipe soalnya seperti apa, tidak belajar terlalu serius sampe gimana kok. Istirahat yang cukup sehari sebelum tes!

      Good luck!

      Delete
  29. Salam kenal ka...alhamdullillah kebetulan aku lulus administrasi beswan djarum skrg,, seneng bgt nemu blog ini baca pengalaman kaka Eugenia Septhariani :) sangat berguna sekali..mksih , semoga aku bisa spt kaka :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ira :)
      Senang kalau bisa bermanfaat.
      Good luck ya untuk tesnya!

      Delete
  30. kak untuk fgd dan wawancara ada sistem gugur lagi gak ya? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yohana,
      Setelah kamu dinyatakan lolos tes tertulisnya, kamu akan mengikuti FGD. Nah di tahap FGD sudah tidak ada sistem gugur dan otomatis bisa mengikuti interview :)
      Good luck!

      Delete
  31. Alo kak.
    Saya belajar banyak dari pengalaman kakak yang seabrek-abrek ini, sangat menginspirasi.
    Saya ada beberapa pertanyaan:
    1. Apa pengalaman terbaik kakak selama ikut beswan djarum ini?
    2. Menurut kakak, apa kegiatan beswan cukup padat?
    Makasih sebelumnya :-)

    *dari applicant beswan 31 yang masih menunggu 30 hari lagi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo terima kasih sudah mampir :)
      1. Wah semua yang aku dapet di sini pengalaman terbaik :) bisa cek di postku yang lain yah dengan tag #beswandjarum
      2. Ya cukup padat karena kan satu tahun ada 3 kegiatan utama. Tapi ga sampai menganggu kuliah kok, kan dikasih surat izin untuk setiap kegiatan. Jangan sampai gak ikut ya sayang banget!

      Selamat menunggu dan good luck :)

      Delete
  32. Selamat pagi kak Eugenia! :)
    Syukurlah Tuhan mengizinkan saya untuk bisa melewati seleksi hingga tahap akhir kak di seleksi Beswan Djarum ini. Saya juga ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke kakak dan sudah saya kirim via email.
    Mohon dicek dan dijawab yaa kak. Terima kasih sebelumnya kak Eugenia. :)

    ReplyDelete
  33. Halo kak! Aku salah satu anak yg lolos tahap administrasi beswan 31, tes tahap awalnya baru di mulai hari kamis besok. Doain aku biar bisa lolos ya kak hehe. Btw aku mau nanya dong kak, pas di tes tpa itu apa ada ketentuan skornya (mis: benar skor 4; salah skor -1; kosong skor 0) ? Makasih sebelumnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)
      Untuk tes tpa setau aku gak ada ketentuan skornya kok. Jawab aja sebisa mungkin yah!

      Good luck!

      Delete
    2. maaf kak, kalo gitu sebaiknya diisi smua (dengan risiko ngasal) atau yang gatau d kosongkan saja ?

      Delete
    3. Karena gak ada pengurangan nilai kalau salah, sebaiknya menurutku usahakan isi semua ya selama waktunya masih ada :) Goodluck!

      Delete
  34. Haii ka postingannya sangat menginspirasi,,, aku lolos tahap administrasi dan tes minggu depan. Abis dapet email dari djarum malah dag dig dug,, oh iyah ka itu mesti tepat waktu banget yah sampai di tmpat tes nya? Kebtulan tmpat aku kos ama tempat tes lumayan jauh huhuu... terus mau tanya kalo nilai ip semester 4 mempengaruhi tidak ka? Makasiih kaa oh iya doain yah ka mudah2n aku lolos dan jadi bagian dari beswan 31 amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat dulu yaa sudah lolos tahap administrasi.
      Iyaaa harus tepat waktu ya! Dipersiapkan aja deh pokoknya jangan sampai telat :) Nanti kalo telat kan jadi ga tenang juga ngerjain tesnya.
      IP Semester 4 kan mempengaruhi IPK juga, asalkan masih di atas 3.00 ya IPK nya

      Good luck, Ismi! Semangat~

      Delete
  35. Salam kenal ka :) terima kasih postingannya sangat sangat sangaaat membantu, soalnya kemaren2 saya sempet bingung harus belajar apa untuk test minggu depan. Soal2 untuk TPA itu ada pelajaran apa aja selain matematika ? apa ada pelajaran B. Indonesia, B. Inggris atau lainnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)

      Untuk TPA tidak ada pelajaran secara spesifik sih, hanya saja ada baris dan deret (lengkapi pola angka2), lalu kosakata untuk melihat kemampuan verbal. Bahasa Inggris seingat aku gak ada.

      Good luck ya!

      Delete
    2. makasih ka :) oiya untuk draw a man test apa gambar orang itu harus selalu tampak depan dan sedang berdiri ?

      Delete
    3. Setau aku sebaiknya menghadap depan, kelihatan semua anggota tubuh dan sedang melakukan suatu aktivitas yah ;)
      Good luck!

      Delete
  36. halo kak salam kenal
    terima kasih banyak kak atas postingannya tersebut. saya mau tanya kak itu yg tes TPA dan FGD d jadiin satu hari ya kak? ad pembagian tes ngga kak? misalnya ada yang tanggal 10 dan ada yang tanggal 11? kl yang tidak lolos tahap TPA dan FGD berarti untuk tanggal 12 sudah tidak ada agenda lagi dari panitia penyelenggara ya kak?
    terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ina itu kalau jadwal ditanyakan saja ya ke panitia hehe saya tidak tahu :)
      Bisa saja dibagi2 tesnya. Ada yang semua tahap satu hari, ada juga yang dipecah keesokan harinya

      Good luck tesnya!

      Delete
  37. Selamat hari minggu kak Eugenia!
    Tulisannya sangat menginspirasi :)
    Alhamdulillah saya lolos tes administrasi di beswan 31 ini kak.
    Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke kakak dan sudah saya kirim via email.
    Mohon dicek dan dijawab yaa kak.
    Terima kasih sebelumnya kak Eugenia. :)

    ReplyDelete
  38. saya juga ikut test beasiswa djarum kak kebetulan besok nik test nyaa... saya agak kurang dipelaaran matematika sebenarnya, jadi agak deg2an juga kak huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dewi seingetku tesnya gak ada hitung-hitungan matematikanya deh, lebih ke arah baris dan deret saja. Good luck ya!

      Delete
  39. kak berarti yg harus sangat diperhatikan tes TPA sama psikkotesnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Helena,

      Iya soalnya dari tahap tpa dan psikotes ke fgd dan wawancara itu banyak sekali dipangkasnya, jadi usahakan lolos tahap tpa dan psikotes yah :)

      Good luck!

      Delete
  40. Hallo, Kak Eugenia! :)

    Terimakasih sudah sharing ttg pengalaman dan apa yg harus di persiapkan selama mengikuti pra-test-tahap akhir. Anw.. aku mau tanya kak khususnya utk test pertama yaitu TPA & Psikotest, krn jujur sampe detik ini aku masih agak deg-degan sama msh ngira2 akan sesulit apa soalnya.

    1. Utk test TPA, kalo ada soal yg kita ragu/tdk tahu jawabannya apa lbh baik diisi atau tdk? Ataupun kalo tdk diisi mmg gapapa?

    2. Utk draw a tree test, apa dijelaskan harus pohon yg dikotil monokotil atau yg seperti apa kak? Apa ada do & don't-nya?

    3. Utk a draw man test/a draw tree test, gambar harus berbentuk nyata ataupun msh sketsa kasar jg tdk apa2?

    Terimakasih sebelumnya, Kak.
    Doakan saya agar menyusul ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah mampir :)

      1. Untuk tes TPA sebaiknya tetap diisi saja sebisa mungkin. Tidak akan ada pengurangan nilai juga kok untuk soal yang tidak diisi.

      2 & 3 untuk draw a tree biasanya diminta oleh panitia pohon yang berkambium (pohon mangga, jeruk, apel dan sejenisnya). Untuk gambar2 ini ya harus digambar lengkap setiap bagiannya (baik itu pohon maupun bagian tubuh manusia). Biar lebih jelas mungkin bisa Google yaa, banyak kok penjelasan soal tes ini :)

      Intinya, pede aja, jadi diri sendiri, istirahat yang cukup, good luck!

      Delete
    2. Hai kak, salam kenal,
      Alhamdulillah sy lolos tes tpa dan psikotes,
      Kmrn langsung tes fgd setelah pengumuman dan hari ini ada tes interview, kak mohon penjelasannya tentang pertanyaan2 yg diajukan dan gimana kakak ngejawabnya?
      Terimakasih lo kak, karna baca tulisan kakak sy jadi terbantu di seleksi tpa dan psikotes

      Delete
  41. Wah saya baru kelas 3 sma , gak pernah ikut organisasi sekolah , karena disekolah saya itu pakai jam pelajaran , ntar kuliah coba ikut ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nyoman, terima kasih sudah mampir :)
      Nanti pas kuliah coba lebih aktif organisasinya yaah terus daftar Beswan Djarum deh hehe. Good luck!

      Delete
  42. wah inspiratif bget kak, saya juga mau ikutan btw saya cuma ikut 1 ukm bisa gak kira-kira kak

    ReplyDelete
  43. Terima kasih sudah mampir :) Wah aku dulu juga ikut 1 ukm aja kok tapi bisa keterima tuh. Walaupun cuma 1 gapap yang penting kamu ikut aktif di dalamnya sebagai pengurus ya :) Good luck!

    ReplyDelete
  44. sangat menginspiratif,insya Allah akan saya coba tips anda..

    ReplyDelete
  45. terimakasih sudah sangat menginspirasi saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)
      Terima kasih sudah mampir!
      Senang bisa berbagi dan menginspirasi
      Good luck!

      Delete
  46. maaf kak, saya mau ikut nyoba tesnya bulan depan..
    mau nanya ada tes kemampuan umun n bahasa inggrisnya nggak kak?
    kalau bisa balasnya lewat sms aja yah soalnya ini saya jatang main online kak.. 085256012034

    terima kasih

    ReplyDelete
  47. Halo kak, aku ridha. Wah ceritanya menginspirasi banget kak. Baru baca aja udah ikut deg2an hehe. Aku panginn banget lolos beswan djarum kak, tahun ini aku baru mau apply doakan ya. Oh ya mau tanya, itu wawancara nya pake bhs. Indo apa inggris kak? Saya nggak jagi bhs.inggris nih kak huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ridha :)
      Terima kasih yaa, senang kalau ternyata bisa menginspirasi. Wawancaranya pakai bahasa Indonesia kok tenang aja hehe.
      Good luck yaaah! Feel free kalo mau tanya2 ke e-mailku saja :)

      Delete
  48. Hai kak. Tulisannya bagus. Semoga ttep bermanfaat. Maaf kak, untuk organisasi itu harus intra kampus ato luar kampus juga boleh? MakasihsMakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Terima kasih sudah mampir ya :)
      Untuk organisasi bisa dua-duanya, luar dan dalam kampus juga bisa kok; asalkan kamu aktif sebagai pengurusnya ya.
      Good luck!

      Delete
  49. Halo kak, aku tanya2 lewat email tolong dibalas yah makasih :)

    ReplyDelete
  50. halo Kak, Salam kenal. kalo boleh tau alamat emailnya kakak apa, ya? Saya mau tanya2 nih mengenai beasiswa Djarum via email for further information gitu.. thanks anyway :)

    ReplyDelete
  51. Halo kak, mau nanya untuk persiapan tes TPA sama Psikotes belajarnya darimana ya ? minta pencerahanya kak :) makasih

    ReplyDelete
  52. kak mau tanya saya mau daftar di tahun 2016 ini . saya bingung setelah registrasi online dan dikirim e-mail balik oleh djarum. untuk tahap pengiriman berkas itu k mana ya kak ? atau lewat e-mail ?
    mohon jawabannya ya kak..

    ReplyDelete
  53. hai kak, mau tanya saya udah isi pendaftaran secara online kemudian untuk tahap kedua pengiriman berkas yang fhotocopy dan lainlain itu kemana ya kak ? mohon jawabannya ya kaka,
    makasih

    ReplyDelete
  54. Terimaksih atas postingannya kak, jadi semangat buat ikutan

    ReplyDelete
  55. Terimakasih kak sudah share pengalamannya. Saya telah mendaftar juga. Oh ya kak, untuk pendaftar beasiswa djarum itu kan banyak sekali, point penilaian untuk diterima pada tahap administrasi apa saja ya kak ?

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. thanks y
    jadi ada gambaran supaya lolos beswan 2016.

    ReplyDelete
  58. Halo kak !
    Tulisannya inspiratif banget ! keren !
    Alhamdulillah saya lolos tahap seleksi administrasi untuk beswan djarum 2016 dan entar lagi seleksi tahap awalnya. semoga bisa menyusul seperti kakak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Dita!
      Wah selamat ya sudah lolos tahap administrasi. Good luck untuk tesnya :)

      Delete
  59. Kak, mau nanya emangnya yang lulus administrasi itu tidak semua orang yang mengirimkan berkas ya? Atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Yang lulus administrasi itu pasti yang sudah mengirimkan berkasnya dong hehe

      Delete
  60. halo kak.
    sangat bermanfaat
    besok Senin tes Seleksi Djarum
    semoga bisa nyusul juga
    amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good luck ya untuk tesnya :D
      Terima kasih sudah mampir

      Delete
    2. Kak... saya juga tgl 25 tes nya,
      Buat mas Roni Kurniawan, share yah pengalaman tes nya, karna anda lebih dulu, good luck yah

      Delete
  61. Kak.. makasih udah berbagi pengalaman. Sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  62. Halo kak, syukur saya bisa lolos tes Djarum ini hingga tahap akhir. Terina kasih sekali kak atas informasi-informasinya yang sangat bermanfaat :) namun, saya agak tidak yakin nih kak bakal lolos jadi Beswan Djarum angkatan ke 32, hehe. Oh iya kak, saya ingin bertanya, kira-kira karakteristik seperti apa ya kak yang dicari oleh Djarum untuk menjadi Beswan Djarum menurut kakak? Terima kasih kak sebelumnya :) Good luck for everything, kak!

    ReplyDelete
  63. Kak, kalo boleh tau IPK kakak berapa? Makasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah rahasia nih kalau IPK haha, yang pasti IPK ku di atas 3,5 :)

      Delete
  64. Hai kak Euginia.... boleh tanya? Untuk organisasi, kebetulan aku pernah beberapa kali jadi panitia di acara kampus. Nah hanya saja kan keterangan kalau kita pernah menjadi panitia ga ada. Kira2 untuk lapiran bukti kita pernah berorganisasi dalam kepanitiaan seperti itu bagaimana ya ka? Trims, GBY ๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
  65. hai kak , ini lagi nunggu pengumuman lolos administrasi atau tidak nih. Doakan yang terbaik ya :)

    ReplyDelete
  66. Puji Syukur, Lolos administrasi. Sekarang nunggu tes tulisnya tanggal 28-29 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak Nia.. itu yg psikotest memang soal kejujuran atau keberuntungn???hehehhe.. alhamdulillah udah lolos seleksi administrasi..

      Delete
  67. terima kasih kak nia buat ceritanya, minta doa nya buat rabu besok untuk tes tpa dll :)

    ReplyDelete
  68. Aku udah daftar tahun ini kak. Tinggal nunggu pengumuman lulus/ gak administrasinya.
    Kyaknya yg keterima hanya untuk mereka yg suka berorganisasi ya.
    Aku jdi pesimis, krna aku nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Belum tentu juga kok. Kalau udah rejeki mah gak ke mana hehe.
      Semangaaat!

      Delete
  69. puji Tuhan dapet artikel yg lengkap, trimakasih banyak kak..
    kak alamat emailnya apa ya?

    ReplyDelete
  70. Halo kak Eugenia..
    Kak, mau nanya tes yg pengetahuan umum itu pertanyaannya contohnya kyk gmn ya kak? Hehe trma kasih :)

    ReplyDelete
  71. Mau tanya kak, kalo misalkan kita dapet beasiswanya itu biaya kuliah ditanggung djarum atau kita cuma dapet 750 ribu per bulan aja ? Makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, setahuku dapet beasiswa 750ribu per bulan selama 1 tahun ya.

      Delete
  72. wah kak terimaksih banyak kak, sangat menginspirasi. jujur aku baru dapat kabar tentang aku lolos tahap administrasi dan bakalan tes tgal 8 agustus 2016.dan aku belom punya pandangan. aku nyoba cari di google dan keemulah blog kaka ini dan aku punya pandangan sekarang tentang test nya unu ngapain aja. makasih banyak kak. semoga blog kaka in bermanfaat bagi yang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bella,

      Terima kasih sudah mampir :) Senang kalau bisa bermanfaat.
      Good luck untuk tesnya!

      Delete
  73. terimkasih kak atas saran dan motivasinya, bsa buat pandangan bagaimana nnti tahap berikutnya

    ReplyDelete
  74. hai kak, ceritanya sangat bermamfaat sekali. saya ingin bertanya kak, kakak dulu seleksinya di kampus kakak sendiri ya.? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Michael,

      Terima kasih sudah mampir & senang kalau bisa menginspirasi :)
      Waktu itu aku tesnya di tempat lain di Gedung Smesco UKM, Pancoran, Jakarta Selatan bareng beberapa univ lain di Jakarta yang terafiliasi dengan Beswan Djarum

      Delete
  75. Selamat pagi.. terimakasih kak, postingan kakak sangat membantu saya untuk mendapat gambaran tes tahap selanjutnya. Mau tanya kak. Diundangan kan tertulis tesnya dari jam 07.30-17.00 itu berarti harus datang sebelum jam 7.30 ya? Atau boleh datang di antara jam tersebut? Mohon dibalas ya kak. Terimakasih banyak๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  76. hay Kak,. critanya memotivasi bnget,. jdi punya gambaran untuk tes besok,. Trimaksih ya Kak sudah brbagi kepada kita yg tak tau bagaimna tahap" seleksi untuk menjadi Beswan apa lagi besok,. skali lgi trimakasih ya Kak,..

    ReplyDelete
  77. Hallo kak.. Perkenalkan namaku Winnie, terima kasih ya kak atas postingan kakak ^^ aku salah satu peserta beswand djarum tahun ini kak, tapi aku sedih.. barusan aku cek di websitenya,seharusnya kampus aku mengikuti test tertulis pada tanggal 25 dan 26 agustus..tapi saat aku memasukkan kode registrasi aku, tulisannya : "Maaf, status anda belum tersedia", tapi saat aku scroll ke bawah, ada tulisan : "maaf, anda belum lolos seleksi"... Sempat sedih dan kecewa, tetapi aku bersyukur aku berkesempatan menjadi salah satu peserta seleksi Besdwan Djarum ^^

    ReplyDelete
  78. Hallo kak, terima kasih sudah sharing pengalamannyaaa yaa, 10000000% untuk kakak, thnk u so much! Ini sangat membantu banget karena 25-26 Agustus 2016 nanti saya juga akann mengikuti seleksi Djarum, hihi. Doakan ya kak biar bisa mengikuti jejakmu hhi. Once again, thnk u xoxo!!

    Warm Regards,
    Dina (Jkt, ID)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Fayna, untuk peserta yg bisa mengikuti seleksi, pemberitahuannya melalui apa ya?

      Delete
  79. hallo kakak, aku laily kmarin aku sempet masuk tahap interview, minta doanya ya kak semoga lolos. amien

    ReplyDelete
  80. Mantap kak pengalamannya menginspirasi,terima kasih..

    ReplyDelete
  81. Ka mau nanya apakah saat FGD peserta harus ngomong semua di depan?
    Apakah yang lolos hanya yang memberikan pendapatnya dalam forum?
    di tunggu ka jawabannya hehe terima kasih

    ReplyDelete
  82. trima kasih buat pengalaman indahnya. Its so great moment.
    thank you so much. Jesus bless

    ReplyDelete
  83. Selamat malam ka. saya mau tanya mengenai point ini. Karna belum ada pertanyaan serupa, mohon dijawab ya kak :D
    Dibagian atas, kaka menulis kalau ada syarat

    -Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi

    itu dari bagian kesiswaan atau organisasi ya?? Thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
  84. Kak untuk tahap administrasi pengumumanya via apa ya kak? Apa bisa dibuka di websitenya?

    ReplyDelete
  85. salam kenal kak nia, kenalin aku ulfa dari ULM Banjarmasin yang baru saja mendapat sms dan email dari beswan djarum. syukurlah diberikan kesempatan melalui beasiswa djarum soalnya beasiswa sebelum2nya gagal kak. abis baca postingan kakak pengetahuan ku tentang tes seleksi semakin tahu apa saja persiapan untuk tes seleksi soalnya angkatan sebelumnya di prodiku sepengetahuanku belum ada yang pernah jd beswan djarum kak, mohon doanya ya kak biar dilancarkan dimudahkan tes seleksinya dan tes2 selanjutnya.makasih kak atas postingannya, semoga kakak dilancarkan ya kuliahnya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ulfa.
      Terima kasih sudah mampir ke blogku :)
      Good luck yah untuk tesnya!

      Delete
  86. Ya Allah, apa alasannya ada tes MTK. Padahal aku ini udah tua. semakin tua orang, akan semakin mengerucut juga ilmunya. naha, teh

    ReplyDelete
  87. Selamat malam kakak.. Saya febry dari universitas riau. Saya lagi harap-harap cemas nunggu hasil tes administrasi kak. Berdoa biar bisa jadi beswan djarum selanjutnya..
    Kak boleh minta kontak WA atau apa aja medsos kk biar bisa tanya2 lebih �� makasi infonya kakak sangat menginspirasi..

    ReplyDelete
  88. Wah pengalaman yang luar biasa ka Eugenia,sebelum nya perkenalkan saya Friska simanullang mahasiswa universitas widyatama Bandung. Kebetulan saya juga lolos seleksi administrasi beswan djarum tahun ini (2017) dan saya akan mengikuti tes selanjutnya tanggal 8,9,10 Agustus nanti. Saya juga sedikit ragu tadinya untuk melanjutkan tes ini, tapi setelah saya membaca pengalaman kaka ini, saya jadi lebih semangat, hehe
    Terima kasih untuk pengalamannya Ka, doa in saya semoga segala sesuatunya lancar pada saat saya test nanti. ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  89. “Jika ingin tes (psikotes) besok pagi, maka calon yang diuji tak boleh stres, tidak boleh tidur larut malam, dan harus sarapan terlebih dahulu. Intinya adalah memersiapkan diri untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu yang cukup lama,”

    Nah, salah satu jenis psikotes yang membuat banyak peserta gagal adalah pada saat psikotes kraepelin/pauli, tes ini menjadi momok yang paling menakutkan bagi sebagian peserta yang belum tahu trik dan tipsnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, sebab saya sudah membahasnya pada sebuah artikel bagaimana cara mengerjakan tes koran pauli atau kraepelin ini, temukan jawabannya pada link contoh soal psikotes kerja tersebut. Terimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum