Thursday, April 02, 2015

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum

Berhubung cukup banyak e-mail yang masuk menanyakan seputar Djarum Beasiswa Plus, jadi saya rasa sepertinya perlu menulis post seputar apa aja sih keuntungannya jadi Beswan Djarum? Apa aja spesialnya beasiswa yang satu ini? 

So, here we go… Kenapa kamu harus jadi Beswan Djarum?

1. It’s a once-in-a-lifetime opportunity
Mendapatkan Djarum Beasiswa Plus ini adalah kesempatan satu kali seumur hidup! Kamu cuma dapat kesempatan ikut tes beasiswa ini sewaktu duduk di semester 4. Jadi manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang datang ini! Gak ada salahnya kan mencoba tes beasiswa Djarum ini. Kalau udah rejekinya mah gak ke mana ;)

2. Beasiswa yang paling hits se-Indonesia Raya
Gimana gak hits? Sudah 30 tahun sejak tahun 1984, Djarum Foundation mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia. 



3. Gak cuma Rp 750.000/bulan atau 9 juta selama 1 tahun, but you will get more than that. A set of extremely useful SOFT SKILLS DEVELOPMENT!
Di era globalisasi seperti ini, punya hard skills saja sepertinya gak cukup. Kemampuan teknikal harus kamu seimbangkan dengan soft skills – biar kamu gak cuma pintar akademis saja, tapi juga attitude dan character-nya oke dan punya skills lain misalnya public speaking dan communication ;) Inilah “plus” – nya Djarum Beasiswa Plus yang jarang kita temukan di beasiswa lain. 


4. Service-nya Djarum TOTAL! Di sini, semua sandang pangan papan terakomodasi dengan baik ;)
Mungkin memang mulai bermunculan beasiswa yang juga menawarkan soft skills serupa, tapi Djarum total bro, total! Dari awal kamu ikut tes, kamu sudah dapat tuh pulpen dan buku agenda gratis. Semua fasilitas kece bakal kamu dapatkan di beasiswa ini. Pertama kali ikut acara Nation Building, kamu bakal dapat satu set t-shirt, jaket official Beswan Djarum, pin, tas slempang, agenda, pulpen, binder dan tas. Lalu di Character Building dapat baju khusus, pin, topi, tempat minum, kartu nama hingga ke angklung-nya Saung Angklung Mang Udjo. Kemudian di Leadership Development dapat baju khusus dan pin. Di setiap pelatihan kamu juga bakal dapat sertifikat yang tentunya akan sangat berguna. Bahkan sampai ke hal-hal kecil dalam setiap kegiatan pun, Djarum yang bakal nanggung semuanya! Intinya setiap acara Djarum bikin koper kita overload saking banyaknya tools yang dikasih.


5. Dapat tambahan gelar
Ya! Setiap penerima Djarum Beasiswa Plus akan disebut dengan sebutan Beswan. Kata ini berasal dari “best-one” yang bila diasosiasikan ke Bahasa Indonesia menjadi Beswan. Ini menandakan bahwa penerima Djarum Beasiswa Plus memang merupakan mahasiswa pilihan dan terbaik dari yang terbaik. 

6. Hotel Bintang Lima hingga Hotel Beratap Bintang pun bisa kamu rasakan di sini
Contohnya di Nation Building yang berlokasi di Semarang, kamu bakal menginap di hotel bintang empat. Lalu bakal ada voorijder yang mengawal bus-bus Beswan Djarum selama kegiatan di Semarang dan Kudus. Pokoknya kamu diperlakukan bak raja dan ratu deh. Semua-nya pun for free! Jadi gak perlu mengeluarkan uang sepeser pun ;) 

7. Dapat kartu nama dan blog pribadi
Yes! Your own business cards. Selain itu kamu juga bakal dikasih blog pribadi loh di mana kamu bisa menuangkan ide-idemu lewat platform itu. Rasanya belum pernah mendengar beasiswa lain ngasih service se-oke yang dilakukan Djarum Beasiswa Plus ini.


8. Nation Building : menampilkan sebuah pertunjukan seni bersama 516 orang penerima Beswan Djarum
Dengan latihan yang keras, kulampaui dinding diriku~ Yak, seperti dedek-dedek Jeketi forti-eit, di sini Beswan Djarum akan berlatih keras siang-malam *halah* bersama-sama menampilkan sebuah pertunjukan seni. Dengan bimbingan mentor yang sudah mumpuni di bidangnya macam Denny Malik, selama kurang lebih dalam tempo 4 hari saja, kamu yang tadinya gak biasa menari dan menyanyi, langsung bisa menguasai tarian dan menghafal beberapa lagu. Percayalah, pertunjukannya juga bukan pertunjukan macam pensi sekolah biasa, tapi pertunjukan profesional sebagaimana layaknya dilakukan oleh para pelaku seni! Lewat pertunjukan seni ini, ke-516 mahasiswa angkatan 2012 (angkatan saya) dikukuhkan menjadi penerima Beswan Djarum angkatan 30. Oh ya, setiap angkatan juga diberikan tema untuk pertunjukannya. Angkatan saya – 30, kebagian tema Bali dengan judul pertunjukan “Damai Bumi Dewata”, jadi kami berlatih tarian dan nyanyian lagu khas Pulau Dewata.

Pic credit : djarumbeasiswaplus.org


Selain berlatih untuk menampilkan pertunjukan seni, di Nation Building ini juga ada talkshow yang tentunya menambah wawasan kebudayaan kita. Di akhir talkshow ternyata ada surprise loh! Project Pop datang untuk menghibur para Beswan! Terakhir di acara penutupan, ada Sheila on 7 menunggu di luar arena pertunjukan. 

Project Pop is in the house!


 More details : http://bit.ly/1amF6Vu

9. Character Building : Build Your Character!
Bentuk karaktermu menjadi pribadi yang lebih unggul dan tangguh di Character Building. Di sini kamu bakal dilatih dengan bapak-bapak TNI AD dari Simulasi Tempur Zone 235 di Lembang. Waktunya merasakan Hotel Beratap Bintang di kegiatan ini ;) Fisik kita ditempa banget di sini. Kehujanan (dan acara gak dihentikan), kena lumpur, jatoh, kotor-kotoran biasaaa, tapi ilmunya banyak banget yang bisa kita dapat lewat pelatihan di tengah hutan pinus yang dingin ini.

Pic credit : djarumbeasiswaplus.org


 More details : http://bit.ly/1bQHFQm

10. Leadership Development : Be a Good Leader!
Berlatih menjadi pemimpin yang punya visi, berwawasan, jago komunikasi dan bisa mengajak pengikutnya. Setelah “digojlok” di Character Building, di pelatihan yang terakhir ini Beswan akan kembali menikmati nikmatnya hotel berbintang empat hingga lima karena seluruh acara Leadership Development dilaksanakan di hotel. Di sini, yang dikuras adalah otak. Kebayang dong, disuruh buat project presentation cuma dalam tempo 4 jam dengan batas waktu hingga jam 12 malam lalu mempresentasikannya besok pagi!

Kelompok saya : Sambisari :D

11. Djarum menghargai usaha kita dalam tiap pelatihan
Di setiap pelatihannya, Djarum menyediakan semacam plakat penghargaan dan bahkan juga gaji ke-13 untuk tim-tim yang paling maksimal performance-nya selama pelatihan. Contohnya di Character Building ada reward seperti Red Ribbon Award dan Best Performance. Di Leadership Development, tim yang paling bagus project presentation-nnya bakal dapat gaji ke-13. Lalu ada juga pemilihan Best Individual Speaker dan tentunya Debate Competition. Selama menjadi Beswan, saya pernah mendapat Red Ribbon Award putri dan tim saya memenangkan Debate Competition. Plakatnya kurang lebih seperti ini :


12. Keluarga baru dari seluruh penjuru Indonesia
Another advantage of this scholarship: networking. Yes. Di sini kamu punya keuntungan jaringan koneksi dalam skala nasional. Kamu bakal punya 500 teman baru yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Jadi, misalkan kamu mau jalan-jalan ke Pontianak, tinggal hubungi Beswan Pontianak dan mereka akan menyambutmu dengan hangat layaknya seorang keluarga.

13. New experiences, new knowledge
Selama menjadi Beswan, banyak sekali pengalaman baru dan ilmu-ilmu keren yang bisa saya dapat dan diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari. Contoh simpelnya ya sewaktu mengikuti Character Building. Kapan lagi coba waktu makan, terus tiba-tiba ada meriam meledak, eh kitanya disuruh lari cari tempat perlindungan? ;) 

Pic source : instagram.com/eugeniasepthariani

14. Kesempatan bertemu dan belajar dengan expert di bidangnya
Utamanya di kegiatan Leadership Development. Kapan lagi kamu punya kesempatan melakukan presentasi di depan seorang expert dalam public speaking sekelas Mbak Rosiana Silalahi ditambah lagi dikomentari langsung oleh beliau? Selain itu ada juga motivator James Gwee yang bakal membuat semangat kita kembali membara dengan prinsip FULL TILT-nya yang terkenal.

Pic credit : Twitter Beswan Djarum

Mbak Rosi sedang menilai kelompok yang mempresentasikan project-nya
Pic credit : Twitter Beswan Djarum

James Gwee
Pic credit : Twitter Beswan Djarum
15. Perbaikan gizi
Selama pelaksanaan pelatihan Beswan Djarum, gak usah khawatir soal makanan. Makanan pasti terjamin. Di Nation Building kamu bakal dikasih 3x makan dan 2x snack. Sampe tumpah-tumpah deh tuh pipi ;) Berbahagialah kalian, wahai anak kos! Pulang dari Nation Building hati-hati lihat timbangan ya! Saya sendiri sampai nambah 3 kilo :”)

16. Traveling to many places
Secara pribadi, berkat Beswan Djarum, dalam 1 tahun terakhir ini saya sudah pergi ke banyak tempat mulai dari Semarang, Kudus, Bandung, Lembang dan Yogyakarta. Selain itu mampir juga ke lokasi-lokasi seru di Kudus seperti GOR Djarum, Pabrik Rokok Djarum, Menara Masjid Kudus, Oasis Djarum juga ke Saung Angklung Mang Udjo.

Pabrik Rokok Kretek Tangan Djarum

Di GOR Djarum

17. Beasiswa ini cocok buat yang suka traveling 
Berhubung lokasi tempat acara pelatihan Djarum diadakan selalu berbeda-beda, bagi yang suka traveling, beasiswa ini cocok banget buat kalian! Seusai acara pelatihan, kalian akan selalu bisa memperpanjang waktu kalian (extend) di tempat/daerah itu dan mengisinya sesuka hati kalian bersama dengan Beswan setempat.

Sehabis acara Leadership Development di Jogja, mampir dulu ke Malioboro :)
18. Kota Semarang dan Kudus bakal jadi tempat yang punya kenangan tersendiri buat kalian
Karena hanya di Semarang dan Kudus, kalian bertemu dengan SELURUH penerima Beswan Djarum dari segala penjuru Indonesia. Setelah pelatihan Nation Building, Beswan akan dibagi ke dalam batch-batch sehingga tiap batchnya hanya akan ada 60-100 orang saja.

19. Kesempatan untuk melakukan perubahan di masyarakat, melalui Community Empowerment
Community Empowerment adalah kegiatan di mana para Beswan membantu masyarakat setempat dengan mengadakan program-program tertentu yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada.

Pic credit : djarumbeasiswaplus.org

20. You will feel the luckiest person on earth 
Mungkin gambar ini bisa menjelaskan semuanya:


Lihat, dari 14.662 pendaftar, cuma 516 yang diterima! Sewaktu Nation Building, hal ini yang bikin kami ber-516 merinding bahkan ada yang sampai menangis. Ya, sampai sekarang pun, rasanya saya masih gak percaya. Saya merasa beruntung banget bisa menjadi bagian dari Beswan Djarum.

To sum up….  Pokoknya luar biasa fantastis yes yes yes jadi Beswan itu. Berada di antara anak-anak hebat, cerdas, berprestasi, heboh dan aktif dari seluruh Indonesia membuat saya menjadi semakin termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan terus belajar. Mungkin gak cukup kalau kalian cuma baca postingan saya ini, kalian harus merasakan sendiri Beasiswa Djarum yang amazing fantastis wonderful ayey ini! 

So, readers yang masih duduk di semester 4 (angkatan 2013) S1/D4 dari disiplin ilmu mana pun dan universitasnya terdaftar di list penerima Beswan Djarum, coba daftar yaaa beasiswa ini! Gak ada salahnya kan dicoba, karena siapa tahu you are the next Beswan Djarum!



Salam Beswan
Eugenia Septhariani
Beswan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 2014/2015


TWITTER/ASKFM : @eugeniatheodora | INSTAGRAM : @eugeniasepthariani
E-MAIL : eugeniasepthariani[at]gmail[dot]com

3 comments:

  1. Hai kak, trimakasih udah share pengalamannya, Puji Tuhan saya lulus tahap administrasi & akan ujian tgl 14-15 agustus.
    mau nanya kak, soal TPA itu ada psikotes, deret aritmatika, itu waktunya beda sama tes warteg, tes draw a man ?? atau langsung semua di 3 jam itu ? trus pembagiannya gimana kak pertes ? ada soal bhs inggris ipa/ips gak kak ?
    sekali lagi trimakasih ka..

    ReplyDelete
  2. hai kak eugenia..
    aku senyum-senyum sendiri baca tulisan kkak...
    apa kabar beswan djarum hari ini? :D
    aku beswan angkatan 32 kak..salam kenal :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nanda :)

      Wah akhirnya ketemu sesama Beswan hehe.
      Salam kenal juga!

      Delete