Saturday, May 09, 2015

Cara Daftar Beswan Djarum

I'm back to blog again, finally. Kali ini kembali dengan postingan seputar Beswan Djarum. Yap, hari ini saya bakal share tentang cara-cara daftar Beswan Djarum secara administrasinya, khususnya untuk almamater saya Unika Atma Jaya Jakarta. Hope it helps!

Jadi teman-teman bisa buka website officialnya Djarum, http://djarumbeasiswaplus.org/ Untuk menjadi Beswan, teman-teman harus melewati tahap awal yakni tahap seleksi berkas dan administrasi yang dalam hal ini ditempuh melalui 2 cara yakni pertama kalian harus daftar online dulu, baru setelah mendapatkan nomor pendaftaran (yang akan dikirimkan melalui e-mail), kalian print dan tempel nomor pendaftaran beserta alamat pengiriman berkas di amplop coklat yang berisi berkas-berkas administrasi yang dibutuhkan lalu kirim deh amplopnya (bisa melalui pos ataupun JNE)

Saya post ulang persyaratannya yah :

Persyaratan untuk menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus Tahun 2015/2016

UMUM :
1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
2. IPK minimum 3.00 pada semester III.
3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.
5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
6. Mengisi Form Pendaftaran online di website ini. (https://djarumbeasiswaplus.org/)

ADMINISTRASI :
1. Bukti pendaftaran online
2. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.
3. Fotocopy Kartu Mahasiswa.
4. Transkrip Nilai sampai semester III yang telah dilegalisir.
5. Surat keterangan aktif organisasi / Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi yang pernah diikuti / Fotocopy Sertifikat Prestasi yang dimiliki.
6. Surat keterangan dari kampus (Rektorat atau Fakultas) tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

PENDAFTARAN : 1 April 2015 - 31 Mei 2015

TES SELEKSI : 8 Juni 2015 - 23 Agustus 2015

VERIFIKASI : 24 Agustus 2015 - 30 Agustus 2015
Memastikan kandidat yang lolos tes seleksi dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 pada akhir semester IV.

PENGUMUMAN : 31 Agustus 2015
Dapat dilihat di website ini dan juga tersedia di Bagian Kemahasiswaan Kampus.

MASA AKTIF : 1 September 2015 - 31 Agustus 2016



Sekarang saya akan coba mem-breakdown masing-masing syaratnya :

UMUM :
1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1 Universitas) / Diploma 4 (D4 Politeknik) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
Yang bisa mendaftar untuk Beswan Djarum tahun ini adalah hanya mereka yang saat ini sedang duduk di semester 4 atau angkatan 2013 dari semua jurusan. Jadi kalau kamu masih semester 2, kesempatan kamu adanya di tahun depan yaah :D

2. IPK minimum 3.00 pada semester III.
3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
Yap. IPK terakhir kamu harus minimal 3.00 yaah :) Saya rasa yang ini sudah jelas.

4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.
Yang penting dari syarat ini adalah kalian sedang / pernah jadi pengurus suatu organisasi (apapun), entah itu UKM di Kampus, atau di komunitas apapun. Jangan takut juga kalau merasa yang bukan tipe anak organisasi banget, asal kalian pernah punya pengalaman memimpin ataupun bekerjasama dalam tim.

5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
Kalau sedang terikat dengan beasiswa lain (untuk anak Atma, misalkan kalian sedang dapat beasiswa dari yayasan, dll) mohon maaf tidak bisa apply untuk beasiswa ini.

6. Mengisi Form Pendaftaran online di website ini. (https://djarumbeasiswaplus.org/)
Nah ini yang penting teman-teman, jangan lewatkan tahap ini! So, buka websitenya. Lalu klik di bagian lingkaran merah :



Setelah itu akan muncul seperti ini :


Nah, ikuti saja apa yang diminta dari form pendaftaran online. Untuk tahu petunjuk pengisiannya, kalian bisa klik https://djarumbeasiswaplus.org/2015/assets/media/petunjuk_pengisian.pdf Di situ ada contoh pengisian formulirnya. Yang perlu diisi seputar : Foto, Identitas, Keluarga, Pendidikan (Formal dan Non-Formal), Minat, Aktivitas Sosial dan Kegiatan Lain. Intinya diisi saja sesuai fakta yang sebenarnya, dan untuk pertanyaan yang menanyakan motivasi daftar Beswan Djarum, apa yang kamu ketahui tentang Djarum Foundation, alasan tertarik ikut kegiatan sosial, dll. susunlah jawaban kalian agar menarik dan meyakinkan pihak beasiswa.

Setelah selesai mengisi form online klik finish (lingkaran merah)



Setelah itu, cek inbox / spam e-mail yang kalian gunakan untuk mendaftar online. Pastikan selalu ingat e-mail yang digunakan, karena pemberitahuan-pemberitahuan selanjutnya akan selalu dikirimkan lewat e-mail. Nanti kalian akan mendapatkan attachment e-mail konfirmasi seperti ini :


Setelah mendaftar online akan mendapat nomor pendaftaran. Gunting bagian yang diminta lalu tempelkan ke amplop coklat yang berisi berkas-berkas administrasi

Selanjutnya untuk administrasinya :

ADMINISTRASI :
1. Bukti pendaftaran online
Gambarnya sudah ada di atas ya ;) Jangan lupa ditempelkan di depan amplop coklat yang akan dikirimkan.

2. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater
Kalau tadi yang di pendaftaran online adalah bentuk soft copy fotonya, yang ini bentuk fisiknya yah. Ingat, pakai jas almamater!

3. Fotocopy Kartu Mahasiswa.
Untuk teman-teman Atma, yang difokotopi adalah KIM.

4. Transkrip Nilai sampai semester III yang telah dilegalisir.
Untuk teman-teman Atma, ambil transkrip nilai jangan print dari Rainbow ya. Tapi kalian ke BAA, yang letaknya ada di Gedung KW Lantai 2. Kalian minta BSM (Bukti Setor Mahasiswa) dulu ke Bagian Pendaftaran; tulis di bagian lain-lainnya : Transkrip Nilai senilai Rp 25.000. Bayar dulu ke bank, serahkan kembali BSM ke Pendaftaran, lalu bawa BSM yang asli ke BAA untuk ditukar dengan bukti pembuatan Transkrip Nilai. Karena biasanya makan waktu 3 harian, jangan mepet-mepet bikin transkrip nilainya! Ini penting banget ;) Lalu setelah selesai transkrip nilainya (kalian akan mendapat 1 transkrip yang asli dan 5 lembar fotokopiannya), masukkan ke amplop fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir (di cap dan di ttd kepala BAA)

5. Surat keterangan aktif organisasi / Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi yang pernah diikuti / Fotocopy Sertifikat Prestasi yang dimiliki.
Nah yang ini masukkin aja semua sertifikat apapun (pengurus, kepanitiaan, prestasi, seminar-seminar) yang kalian punya selama menjadi mahasiswa. Yang anak Atma, lampirkan semua fotokopi SKP yang kalian punya ya. Lalu untuk surat keterangan aktif organisasi bisa minta ke pengurus inti UKM masing-masing. Kalau saya waktu itu kasih semua SKP, sertifikat seminar yang pernah saya ikuti (baik di kampus dan di luar kampus), dan surat keterangan aktif organisasi. Di sini waktunya show-off pengalaman apa saja yang kalian punya ;)

6. Surat keterangan dari kampus (Rektorat atau Fakultas) tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
Untuk surat yang ini bisa tanya dan minta ke sekretariat Fakultas masing-masing. Untuk anak Atma bisa ke Fakultas masing-masing atau coba juga ke Ruang Panitia Beasiswa yang ada di Gedung D (naik tangga, di atasnya sekretariat PAJ), minta suratnya lalu minta tanda tangan dekannya masing-masing. Untuk anak Ekonomi, biasanya minta tanda tangan Wadek III (Pak Aldi) di Gedung KW Lantai 4. Kalau saya waktu itu langsung urus di KW lantai 4 saja.

Kalau semua sudah oke, kirim deh berkasnya! Bisa lewat cap pos atau JNE yah. Saya sendiri waktu itu pakai JNE Yes (1 hari sampai), biayanya sekitar 12 ribuan kalau tidak salah. 

Nih! Tempelnya kayak gini ya :D Kalau-kalau masih ada yang bingung!

Nah, voila! Kamu sudah selesai mendaftar Djarum Beasiswa Plus! Pastikan berkas administrasinya gak ada yang kurang yah! Teliti lagi dokumen-dokumennya sebelum amplopnya dikirimkan. Karena batas akhir pendaftaran online sekaligus pengiriman berkas hanya sampai 31 Mei, JANGAN JADI DEADLINERS ya, guys! Siapin dari sekarang! Tahap selanjutnya kalau kamu lolos seleksi berkas adalah tes tertulis, bisa baca pengalaman saya di sini : http://eugeniasepthariani.blogspot.com/2014/07/pengalaman-seleksi-beswan-djarum.html

TWITTER/ASKFM : @eugeniatheodora | INSTAGRAM : @eugeniasepthariani
E-MAIL : eugeniasepthariani[at]gmail[dot]com

9 comments:

  1. halo kak..
    aku udah daftar online
    nah di lembar pdf itu, persyaratannya lebih banyak ada 7, gak kayak punya kakak ada 5
    bedanya itu kalo di lembar pdf kakak ada Surat keterangan aktif organisasi / Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi yang pernah diikuti / Fotocopy Sertifikat Prestasi yang dimiliki.
    nah di lembar pdf aku surat aktif organisasi sama fotokopi sertifikatnya dipisah kak. jadi seperti ada keharusan untuk melampirkan surat keterangan aktif organisasi itu.
    sedangkan aku gak punya suratnya krn aku lebih aktif sebagai panitia acara daripada pengurus organisasi..
    aku jadinya bingung, takut gak memenuhi syarat..
    padahal kan di web nya gak dipisah gitu persyaratannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)

      Setau aku gapapa kok gak ada surat keterangan aktif organisasi. Itu akan pilihannya "atau" yang penting ada fotokopi sertifikat2 kepanitiaan yaa :)

      Good luck!

      Delete
  2. Kalo anak tunggal isi data keluarga kandungnya bagaimana? 1 dari 1 saudara, namanya anak tunggal kan ga punya kakak/adik kandung (1 bapak dan 1 ibu)

    ReplyDelete
  3. Permisi kak, mau tanya. Kalau saya salah memasukkan nilai ipk bagaimana? Sudah di klik selesai tapi belum dikirim. Apa daftar lagi ya?
    Mohon jawabannya jika tahu.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Afifah,

      Maksudmu sudah diklik selesai tapi belum dikirim gimana ya? Setauku bisa diulang daftar lagi, asalkan belum di-submit setelah kamu ngisi full keseluruhan formnya. Tapi kalau sudah terlanjur isi semua lalu ternyata masih ada salah, bisa kirim ulang dengan e-mail yang baru ya.
      Lain kali lebih hati-hati hehe :D
      Tapi untuk lebih pastinya bisa tanya ke pihak Djarum langsung saja ya di Twitter @BeswanDjarum

      Delete
  4. Kak,misalnya kalau sudah daftar online itu, dikirim email sama beswan berapa lama ya?

    ReplyDelete
  5. Makasi informasinya.. Sy sudah ready semua berkas. Tinggal dikirim... Smoga bisa mengikuti jejak Admin...
    Amiin..

    ReplyDelete
  6. Kak mau nanya, kan itu ada lembar yang di gunting di pendaftaran online nya, kan yg bawah buat di tempel di amplop.
    Nah lembar atasnya itu dilampirin untuk di kirim juga atau kita simpan? Thx ya ka

    ReplyDelete