MotoGP Sepang 2015 Live Race : A Dream Comes True!

"It is the possibility of having dream comes true that makes life interesting." - Paulo Coelho

It's official that MotoGP Sepang 2015 live race is off my bucket list! Thank God, I finally got the chance to see that sports live with my own eyes!!! Hal yang selalu gue impi-impikan dari sejak SD, akhirnya sekarang bisa terwujud. Terlebih lagi bisa ngeliat the living legend, Valentino Rossi, secara langsung dari jarak dekat (hanya dipisahkan oleh pagar pembatas) terus didadahin sama dia ituu... lovelove 46x deh! Orangnya bener-bener humble dan gak sombong :")

Sekarang gue paham kalau semua mimpi pasti bisa terwujud kalau kita punya keinginan yang kuat untuk meraihnya :D Masalahnya cuma pada lo mau atau enggak sih berusaha untuk meraih mimpi-mimpi lo. Sebagai seseorang yang antusias dengan MotoGP sejak lama (dari sekitar masih umur 10 tahun) dan tiap minggu rajin banget mantengin TV nungguin race-nya, menonton balapan secara live tentu hal yang begitu didambakan setiap fans MotoGP. Feeling the adrenaline rush over the bikes; not just from the TV itu hal yang luar biasa banget deh! Sejak suka sama olahraga yang satu ini, gue udah bilang dan janji sama diri gue suatu hari nanti gue harus bisa nonton langsung di sirkuit.

When you want something, all the universe conspire in helping you to achieve it.

Semuanya kayak udah diatur sama Tuhan. Masuk kuliah, gue diperkenalkan dengan seorang teman. Kita sekelompok waktu ospek. Namanya Della Putri alias Della alias Dellput. Dan yang gak disangka-sangka ternyata doi juga pecinta MotoGP. Jarang-jarang banget nemuin yang suka GP juga. Dari awal kuliah kita udah sama-sama bilang, "Pengen banget nonton GP langsung nih tapi gimana caranya yah." Waktu itu tahun 2012, kita belum masih ada usaha apa-apa juga untuk cari info gimana beli tiket race dan sebagainya. Yang lebih parah ya karena itu, jadwal race-nya selalu aja bentrok sama jadwal ujian kita. Begitu pun yang terjadi di tahun 2013 dan 2014. Tahun 2014 juga udah niat nyari info soal race-nya, tapi ternyata terkendala lagi sama jadwal kuliah dan ujian. Ditambah lagi gue sendiri juga gak bisa karena ada acara wajib Beswan Djarum.

Baru deh di tahun 2015 mulai bulan Juni kita udah mulai cari-cari info. Berhubung jadwal kuliah sudah mulai berkurang dan kita hanya tinggal menggarap skripsi aja, kayaknya tahun ini bisa nonton nih. Awalnya ada masalah sih, bingung mau pergi backpacker-an atau ikut tour aja yah. Karena budget juga terbatas, tadinya gue dan Della pengen backpacker-an (sotoy deh ah padahal baru newbie dalam hal nonton balapan gini). Akhirnya kita putuskan bakal beli tiket race-nya dulu aja. Tapi masalah lain muncul, kita gak ada yang punya kartu kredit bok xD Minta tolong sama sesama MotoGP fans lain juga ternyata gak membuahkan hasil. Terus ketika Google kesana kemari, ketemu deh web-nya Lily Tour yang nawarin paket Malaysian GP. Begitu dicek, wah cukup terjangkau juga ya. Paket tiket pesawat KLM PP, tiket race Main Grandstand plus hotel 4 hari 3 malam sekitar 420 USD (5,2 juta-an). Karena package deals ini sangat menarik, yaudahlah akhirnya kita pilih pake tour aja biar gak rempong. Sebenernya yang bikin ngiler itu tiket pesawatnya sih, kalau boleh jujur. Bayangin bok, ke Malaysia naik KLM tapi harganya tetap pas di kantong! Thank God banget hasil magang dan tabungan gue cukup buat beli paket tour-nya :"D And... voila! Jadilah paket tour MotoGP sudah berhasil didapat. So, here it is.... the long awaited journey begins! :"D (beware of heavy photos in this post!)

Day 1 - October 23rd : The day!
Departure day. Hari Seninnya kita diinfokan untuk kumpul di terminal 2E jam 4 sore. Tapi mendadak notifikasi e-mail telat masuk ke hp. E-mailnya baru masuk jam 1 siang dan bilang kalau jam berkumpul dimajukan jadi jam 3 sore -___- Agak buru-buru sih buat pergi ke bandaranya xD Beruntung jalanan lagi lancar, jadi gue sampe di bandara sekitar jam 2.15-an. Berhubung jam 3 teng gue ditelponin sama pihak dari Lily Tournya, sempet panik juga karena si Della tak kunjung sampai haha.Tapi akhirnya 20 menit kemudian Della sampe juga di terminal 2. Langsung deh kita menuju ke meeting point dan bertemu pihak Lily Tour. Di situ kita dikasih starter kit untuk race dan juga print-out tiket. Sekitar jam 4 kita masuk untuk check-in dibantu sama Bu Ita dari Lily Tour. Begitu paspor dibalikkin sama Bu Ita, rada was-was juga karena katanya KLM paspor gue masa berlakunya 6 bulan kurang 4 hari. Duh. Katanya gue harus meyakinkan pihak imigrasi Malaysia kalau gue bakal balik dan harus bisa nunjukkin tiket pulangnya. Ya kali gue dikira TKW apa xD Berhubung flight-nya jam 18.45 tapi kita udah check-in dari jam 4, jadinya sempat nunggu beberapa jam deh kita di ruang tunggu.

Selfie dulu...

Langsung skip aja ya ke flight-nya. Oke, jadi jam 6 lewat kita udah dipanggil untuk masuk ke pesawat. Here we go, kenorakan gue xD Maklum baru pertama kali naik pesawat sekelas KLM. Pesawatnya super gede gitu dengan jumlah baris pesawat 10 kursi dalam satu row. Udah gitu crew sama pramugrarinya bule Belanda semua kan. Cewek tapi tinggi gede lagi. Gue agak bingung sih untuk KLM ini, kenapa ya yang kerja senior semua karena gue perhatiin gak ada yang tampangnya muda gitu. Semua sudah berumur hehe mungkin umur 40-an. Maybe requirements-nya pengalaman lebih diutamakan kali ya ketimbang appearance. Kalo di sini coba, kebalikannya kan. Kayaknya jarang banget gue selama penerbangan domestik dilayani pramugari berumur xD. Oke, sekian analisis sotoy gue. Pesawatnya sendiri baru bener-bener take-off sekitar 19.15. Katanya traffic di Soetta lagi padat jadi nunggu giliran deh. Dengan KLM, so far ini pengalaman in-fight terbaik gue. Makanannya enak udah gitu bisa puas nontonin film-film terbaru. Film Jepangnya juga adaaa gimana gue gak makin cinta? xD Kapan-kapan harus bisa naik KLM ke Amsterdam. AMIN!

Setelah penerbangan selama kurang lebih 2 jam, sekitar pukul 21.30 waktu setempat kita mendarat di Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Pas ngantri ke imigrasi, untungnya paspor gue aman gak ditanya-tanya. Yang ada si immigration officer-nya malah nanya gini, "Nonton MotoGP juga? Minat?" Ya langsung gue jawab aja, "Oh iya. Suka." Hahaha maafkan otak ini masih belum bisa sinkron sama bahasa Melayu.

At KLIA - yang bandaranya setingkat lebih oke ketimbang Soetta

Pukul 22.30 kita dijemput oleh bus untuk menuju ke hotel masing-masing. Udah ngantuk banget sebenernya tapi tetep gak bisa tidur. Di bus, guide lokalnya, Pak Chairil, masih semangat banget jelasin ke kita seputar tempat-tempat di daerah seputaran hotel kita. Amazed juga sih jam segitu di daerah Bukit Bintang, tempat kita menginap, masih rame aja. Tengah malam, kita pun sampai di Hotel Soleil. Hotel berbintang 3 yang ada di daerah Bukit Bintang ini overall bagus. Pas di kantong. Sarapan, AC dan free-wifi tersedia.

Starter kit from Lily Tour. Tiket dan jadwal race. Ada earplug juga biar kuping gak penging dengerin suara motornya xD

Day 2 - October 24th : First encounter to the sound of engine's bike
Hari yang ditunggu-tunggu tiba. Jadwal hari Sabtu ini adalah nonton Free Practice sekaligus Qualifying Moto3, Moto2 dan MotoGP. Gue super excited banget! Gak sabar pengen buru-buru masuk sirkuit dan duduk tenang melihat para pembalap berseliweran di depan mata :) Paginya kita sempetin dulu beli SIM card lokal biar tetep bisa update social media. Awalnya kita cari-cari di Seven Eleven dan beberapa convenience store. Eh sedihnya udah abis semua katanya. Sempet stress juga sih karena gak nemu. Tapi kita masih belum nyerah dan akhirnya menemukan sebuah counter yang jualan HP dan segala aksesorisnya di pinggir jalan. Yang lucu nih, pas lagi sibuk ngurus SIM card lokal, mas-mas yang jaga counter-nya nanya kita dari mana karena dia ngira kita turis dari Cina xD Buset deh mas, se-Cina itukah muka gue -___-

Sekitar jam 9.30 setelah jemput yang dari Novotel, kita bareng-bareng menuju sirkuit. Perjalanan dari Bukit Bintang ke Sepang itu sekitar 1 jam lewat jalan tol. Sepanjang jalan, pagi itu gue masih bisa ngelihat asap kiriman dari Sumatera masih tebel menggantung. Gila juga ya, seberapa parahnya itu kondisi di Sumatera sampe-sampe di Malaysia pemandangannya ikutan buram karena asap. Semoga asap di sejumlah daerah di Indonesia cepat padam ya!

Kami pun tiba di area sirkuit. Tapi ternyata... tempat parkirnya itu jauh banget dari entrance sirkuitnya! Beruntung hari itu bis-nya diperbolehkan nge-drop kita para peserta tour turun pas di depan entrance-nya. Langsung deh gue dan Della buru-buru masuk ke dalam. Di sepanjang jalan menuju sirkuit banyak banget booth-booth yang jualan. Mulai dari booth merchandise, aksesoris motor, motornya, pameran helm-helm MotoGP rider sampe yang jualan makanan dan minuman lengkap ada di sini. Sempat foto-foto juga sama banner dari Rossi, Lorenzo sampe ke Marquez xD

Sebelum Sepang Clash nih, masih semangat foto sama standing banner-nya Marc xD

Nah, di tengah jalan menuju entrance gate sirkuitnya eh ketemu Om Matteo Guerinoni. Foto dulu deh sama dia.

With Matteo Guerinoni

Here it is..... my first encounter with the sound of the engine's bike. SUPERRRR kencenggg banget suaranya. Bikin merinding. Ini baru Moto2. Gimana ntar MotoGP ya? Kita berdua beli tiket yang di Main Grandstand, yaitu tempat duduk yang pas banget sama posisi start/finish. Jadi nanti pas race bisa ngeliat pembalap-pembalap di starting grid.

First selfie di sirkuit!

Bucket list checked!

Setelah kelar Free Practice 3 Moto2, Moto2 qualifying, here it is : MotoGP qualifying session! Kita berdua cari tempat duduk yang cukup strategis di mana di depannya ada paddock tim Movistar Yamaha, tepatnya paddock Rossi! Penonton yang ada di situ mulai heboh ketika akhirnya Rossi muncul di dalam paddock. Termasuk gue dan Della. Kita teriak-teriak manggilin nama Rossi dan akhirnya doi melambaikan tangannya ke arah kita. Awww!

Setelah beberapa saat, akhirnya mulai keluar deh para pembalap kelas MotoGP. Gilaaak! Suaranya kenceng bukan main udah kayak geledek. Tapi somehow suara mesinnya itu nagih gitu lho! Pengen denger lagi dan lagi. Semacam eargasm hihi. Terus kecepatannya juga luar biasa. Pas lihat Marquez lewat, gilaaak kenceng banget motornya. Speed of light banget! Dan gue baru tau kalau ternyata speed motor MotoGP jauh lebih kenceng daripada F1. Gimana rasanya jadi rider MotoGP coba yang bisa memacu motor dengan kecepatan di atas 300km kayak gitu. Kalau gue sih jantungnya udah copot kali yah :") Salut sih buat mereka. Karena gue udah ngeliat langsung, motornya Rossi sejujurnya masih kalah cepat sama rider Repsol Honda.

Ada kejadian lucu sih waktu kualifikasi MotoGP. Pas waktunya udah mau abis, posisi 1,2,3 masing-masing ditempati oleh Pedrosa, Marquez dan Lorenzo. Rossi waktu itu catatan waktunya masih sekitar 2 menit per lap. Eh tiba-tiba pas finis, Rossi melejit ke urutan 3 karena doi berhasil improved lap time-nya jadi 1 menit 59 detik. Cuma beda sepesekian detik sama Lorenzo. Lantas satu sirkuit teriak kegirangan. Nah, lucunya tuh ini : Lorenzo yang mungkin saat itu taunya posisi dia masih ke-3 mau masuk ke parc ferme, eh tapi diusir sama official yang jaga di situ. Asli bikin ngakak deh xD Abis itu dia jalan balik ke paddock sambil geleng-geleng kepala (yang entah untuk keberapa kalinya di musim ini). Oh ya, penonton di sini juga gak henti-hentinya nge-boo-in Lorenzo dan bersorak gembira kapanpun ada Rossi xD Kebayang kan sedihnya jadi Lorenzo :") Harus kuat mental sama kuat kuping x))

Kelar kualifikasi MotoGP, tinggal Moto2. Untuk yang satu ini gue udah gak peduli deh haha. Sambil nunggu jam 4 sore untuk balik ke parkiran, kita jalan-jalan ngeliat Grandstand habis itu kita sempetin beli kaos Rossi di V46 Racing Apparel. Beruntung masih bisa dapet kaosnya (walaupun ukuran XS - yang sebenernya terlalu kecil buat gue) karena dari pagi ternyata sudah habis diserbu fans. Sekitar jam 4 sore, gerimis sempat turun di sirkuit. Buru-buru deh kita kembali ke parkiran. Ternyata, kita berdua udah ditunggu-tunggu sama tour guide-nya karena dikira nyasar. Sementara itu, semua peserta tour udah bersiap di bus. Yah gini deh risiko kalau ikut tour. Waktunya terbatas banget kalau mau keliling-keliling :(

Asapnya parah banget :(

Malemnya sampai di hotel, kita buru-buru mandi dan beberes, lalu cabut buat nyari makan malam di BB Plaza, Bukit Bintang. Setelahnya kita memutuskan ngebolang buat ke Petronas Twin Tower sekalian mau nyobain monorel dan MRT di Kuala Lumpur. Untungnya si Della ini jago baca peta, gak kayak gue xD Jalanan di Jakarta aja kagak apal-apal. Yang ada kalau gue sendiri pasti nyasar-nyasar mulu deh ini. Cerita soal nge-bolangnya next post aja yah. Hihi.

Day 3 - October 25th : It's the race day!
Wihiii! Super excited hari ini. Berharap banget bisa lihat Rossi menang di Sepang. Sekitar jam 10, kami pun sampai di sirkuit. Pagi-pagi udah bersiap, sarapan yang banyak di hotel (kayaknya gue udah kebiasaan yah selama di Djarum soalnya selalu berusaha nyobain semua makanan yang disediain xD) dan jam 9 pagi pun kita on the way ke sirkuit.

Sayang cuma 1 nih Popolo Giallo-nya :(

Di depan entrance gate

Pas kita sampai di Main Grandstand, gila penuhnya bukan main hari ini. Semua kursi udah hampir keiisi. Beruntung si Della dapet tempat duduk yang strategis dan pas banget posisinya di starting grid dan juga podium. Jadwal race hari itu tentu saja dibuka dengan Moto3, Moto2 lalu MotoGP di jam 3 sore. Duh, itu rasanya udah gak sabar banget deh ya nungguin MotoGP. Udah skip banyak gue untuk race Moto3 dan Moto2. Anyway congrats untuk Johann Zarco yang sudah sukses mengunci gelar juara dunia Moto2 di Sepang. Beruntung bisa ngelihat aksi backflip-nya dari layar besar yang disediakan.

Dan akhirnya, guys... yang ditunggu-tunggu! MotoGP starting grid!

That sound is totally eargasm!

Harap maklum keterbatasan kamera depan .__.

Credits to Della who take this beautiful shot! My favorite afterall!

Dan mulailah balapan MotoGP yang berlangsung selama 20 lap itu. Minggu itu untungnya langit sudah lebih clear dan asap sudah menipis. Tapi panasnya bok gak nahan. Mungkin sekitar 35 derajat Celcius waktu itu. Gue gak kebayang panas yang dihadapin para pembalap kayak apaan di dalem racing suitnya.

Anyway, let's talk about the race. Dani mengawali start-nya dengan pace yang bagus dan memimpin balapan. Rossi di awal juga bagus sebelum mulai disalip Lorenzo dan Marquez. Dari awal gue udah bete banget, Marquez ngapain sih ganggu Rossi mulu? Dari lap ke lap pun overtaking-nya jadi tambah agresif. Udah was-was aja Rossi jatoh kan. Sampai akhirnya kita tiba di lap 7, yang sekarang jadi rame jadi pemberitaan di mana-mana dengan tagline Sepang Clash. Rossi sedikit melebar kemudian dia dan Marquez bersenggolan. Terus Marquez-nya... jatoh. Deg. Saat Marquez terjatuh ya terang aja dong satu sirkuit langsung riuh bersorak kegirangan. Eh tapi wait... di layar lebar gue bisa melihat ada sesuatu yang aneh dari insiden itu. Yep. Kakinya Rossi terlihat seolah seperti menendang Marquez hingga jatuh. Terus yang anehnya lagi, biasanya Baby Alien yang satu ini kalo jatuh dari motornya pasti heboh dulu kan marah-marah sendiri dan buru-buru ngangkat motornya terus lanjutin race. Nah kali ini enggak, guys. Doi kalem banget dan langsung balik ke pit. Keanehan masih ada saat Honda buru-buru nutup paddocknya.

Gonna post my thoughts about Sepang Clash on the next post kayaknya deh (kalau sempet). Soalnya penjelasan insiden ini pasti bakal panjang bukan main.Yang jelas, I personally believe that both riders (VR46 and MM93) are both at fault. Rossi salah karena dia sengaja melebar supaya Marquez kehilangan waktu. Selain itu gue cukup kecewa karena Rossi jadi emosional dan kepancing provokasi dari Marc. Harusnya tetep profesional ajalah. Kesampingkan deh segala macem emosi apalagi tuduhan kalau Marc membantu Lorenzo memuluskan jalannya jadi juara dunia. Sedangkan Marc, sumpah deh gue entah kenapa jadi gak respect lagi sama nih bocah satu. Tadinya gue pikir kalau nanti Rossi pensiun, Marquez inilah penerusnya. Makanya gue juga sempat mengidolakan dia sepanjang musim 2014; selain Rossi tentu saja. Tapi ternyata gue salah. Udah tau kalau tahun ini dia sudah gak ada peluang lagi untuk jadi juara dunia, lantas ngapain ganggu Rossi dengan menahan laju Rossi dan terus overtaking sepanjang 7 lap di Sepang kemarin. Okay, I know that Marc want to be a GREATEST rider. EVER. Dia berambisi ingin mengalahkan Rossi dalam hal peraihan gelar juara dunia. Tapi ya gak gitu juga dong caranya. Yang dia lakukan di Sepang itu seolah menghalalkan segala cara demi menghadang Rossi untuk meraih gelar juara dunia ke-10 nya. So, kesimpulannya : Marc loses my respect. It's like a talent wasted. Sayang banget kalau Marc bukan membalap buat dirinya sendiri, tapi malah bikin Rossi seolah-olah kelihatan bersalah. Bye Marc, byeee. End of discussion.

Back to the race itself, 13 lap sisanya setelah Marc jatoh, ya gitu-gitu aja deh race-nya. Monoton. Posisi podium tidak berubah sampai akhir race. Sejujurnya kasihan sama Dani. Dia menang, tapi dia malah gak dapet spotlight :( Rasanya pengen dukung dan lebih perhatiin dia di musim depan deh.

MotoGP Sepang 2015 Podium
That's all untuk race di hari Minggu ini. Rossi posisi 3. Biasanya gue seneng, tapi kok ya ini rasanya was-was aja sih bakal kena penaltinya kayak apa ya. Dan benar aja, ternyata Rossi dapat penalti 3 poin dan akibatnya harus start paling belakang di Valencia tanggal 8 November nanti karena akumulasi penaltinya sudah berjumlah 4 poin. Saking hebohnya insiden ini, malam itu banyak meme bertebaran di social media. Di satu sisi, gue merasa beruntung banget bisa ikut menyaksikan secara langsung peristiwa Sepang Clash ini. A race that will go down in the history. A race that will be remembered :") Di sisi lain gue merasa prihatin karena insiden itu menandai sportivitas seolah udah gak ada harganya lagi di olahraga ini. Gemesss banget sama Marquez deh rasanya. Seolah-seolah kita ditipu sama wajah ganteng dan kiyutnya itu hih xD Kece tapi kelakuannya bikin geleng-geleng kepala.

***

Well, I think that's it for now. Capek ngetiknya nih saking panjangnya :") Intinya, bersyukur banget karena mimpi gue dari kecil akhirnya kesampean juga. Good things take time ya. This post is dedicated to my traveling and MotoGP partner, Della Putri. Gaada lo apalah jadinya gue :") Mungkin gak bakal pergi-pergi terus deh. Garing banget kan kalau nonton balapan sendirian. So big thanks to you! Maap juga atas segala kerempongan gue ya hoho. It was fun traveling with you! Might do another in the later future!

Terima kasih juga buat Lily Tour yang sudah menjadikan semuanya jadi mungkin :") Buat yang baru pertama kali berencana buat nonton MotoGP, gue rekomendasiin pakai tour aja biar gak ribet. Lily Tour udah expert dan terpercaya banget dalam hal racing tour. Dijamin puas deh dengan layanannya. Yang mau tanya-tanya bisa comment di sini atau e-mail, mungkin gue bisa membantu ;)

Last but not least, karena ucapan adalah doa, dan sejak gue bilang pengen nonton MotoGP live ini ternyata udah kesampean, sekarang pengen bilang ah gue harus ke Jepang tahun depan! Kali aja kesampean lagi :D

Anyway.... next week in Valencia is GOING TO BE INSANEEEEEE!!!

Sepang International Circuit

+60327153888

TWITTER/ASKFM : @eugeniatheodora | INSTAGRAM : @eugeniasepthariani
E-MAIL : eugeniasepthariani[at]gmail[dot]com

1. cool... gue jadi pengen foto di sepang. tapi sayangnya, itu yang insiden rossi nendang itu bukan?

1. iya ini pas banget nontonnya sama kejadian Sepang Clash itu yang sekarang banyak bertebaran memenya xD