Monday, July 25, 2016

Reksadana Online POEMS ProFunds : Pilihan Cerdas Untuk Wujudkan Impian Masa Depan


Impian atau tujuan hidup? Banyak banget pastinya! Ada yang ingin membeli rumah, kendaraan pribadi, pendidikan terbaik untuk buah hati, jalan-jalan, pensiun dengan tenteram dan nyaman, dan lain-lain. Kalau ada kantong ajaibnya Doraemon, tentu kita tidak perlu bekerja susah payah mengumpulkan uang. Tapi sayangnya Doraemon enggak ada di dunia nyata. We have to work hard to achieve our goals in life.

Ingin ini, ingin itu banyak sekali~

I want to travel around the world

Salah satu impian terbesar saya adalah bisa jalan-jalan keliling dunia. Untuk mewujudkan mimpi ini tentu memerlukan uang yang tak sedikit, bukan? Tapi... zaman sekarang harga barang terus meroket sementara daya beli kita makin rendah. Kalau dulu uang 10 ribu mungkin bisa membeli 2 - 3 liter beras, sekarang jumlah uang tersebut hanya bisa untuk 1 liter beras saja. Mungkin sebagian orang akan menyarankan untuk semakin giat menabung. Apakah kita bisa mewujudkan impian hanya dengan menabung? Dua puluh tahun lalu menabung mungkin masih relevan, tapi sekarang? Tunggu dulu.


Coba kita bandingkan rata-rata BI Rate tahun 2015 yang sebesar 7.50% dengan rata-rata tingkat inflasi tahun 2015 yang sebesar 6,38% (www.bi.go.id). Artinya keuntungan kita menabung hanya sebesar 1,14% itu pun belum dipotong dengan biaya administrasi, pajak dan biaya lainnya. Mau menabung berapa lama untuk mendapatkan semua yang kita inginkan? Tabungan kita hanya akan tergerus inflasi. Manusia itu banyak maunya dan segala macam keinginan kita itu akan sulit terwujud kalau cuma dengan menabung. Menabung memang kebiasaan yang baik, tapi masih kalah dengan inflasi!

Lalu bagaimana? Kita harus mencari strategi untuk membuat uang bertumbuh dan bisa mengalahkan inflasi.

Ya, strategi itu adalah investasi!

Investasi juga bisa dikatakan menabung dengan pertahanan melawan inflasi
Source : business-standard.com

Investasi adalah salah satu solusi untuk mempermudah kita mencapai impian-impian di dalam hidup kita. Kalau bisa dibilang sih investasi ini sama juga dengan "menabung dengan pertahanan melawan inflasi." Lalu, apa bedanya dong dengan menabung?

Dikutip dari miplanku.com, menabung adalah "kegiatan menyisihkan penghasilan untuk digunakan pada saat diperlukan." Sedangkan investasi adalah "kegiatan menunda pengeluaran saat ini untuk dibelikan aset dengan tujuan mendapatkan potensi imbal hasil demi mempertahankan/meningkatkan daya beli di masa yang akan datang."

Seperti yang kita tahu investasi itu beragam jenisnya. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan sekarang ini adalah  investasi reksadana. Saya sendiri dua tahun terakhir ini sudah berinvestasi di reksadana. Kenapa dari sekian banyak jenis investasi, saya lebih memilih reksadana? Ya jelas saja, emas kalau ingin yang paling murah tapi optimal minimal beli 10 gram, sekarang harganya 5 juta-an. Properti, duh, perlu uang yang besar sekali. Saham, bisa sih beli yang harganya murah, tapi kalau harganya jeblok gimana? Habis deh modal kita. In other words, investasi di pasar modal, emas dan properti perlu pengetahuan level tinggi, perlu waktu (untuk memantau naik-turunnya harga sekuritas setiap saat), dan yang terakhir tentunya perlu uang yang luar biasa banyak (untuk emas dan properti).

Investasi mana yang cocok untuk pemula?
(source : logikabisnis.com)

Kita (terutama untuk yang masih mahasiswa dan fresh graduates yang baru mulai bekerja), yang istilahnya kaum pemula ini, mungkin belum punya semua faktor itu. Pengetahuan seputar pasar modal saya rasa masih terbatas dari teori singkat yang diajarkan di kelas (itupun kalau kalian mengambil jurusan Ekonomi). Waktu? Waktu kalian sudah habis untuk belajar, bekerja, berorganisasi, bersosialisasi, dan lain-lain. Jadi tidak mungkin juga kan setiap jam memantau harga saham? Dan yang terakhir : uang. Iya, uang banyak dari mana, guys? Hidup saja masih ditanggung orang tua. Bagi fresh graduates yang sudah bekerja memang sudah memiliki penghasilan sendiri tapi (mungkin) uangnya masih terbatas. Singkatnya, kalau tidak mampu untuk memenuhi ketiga persyaratan itu (pengetahuan, waktu, uang), sebaiknya jangan coba-coba deh investasi yang bermodal besar itu.

Nah, kalau investasi di reksadana, kini kita bisa mulai dengan menyetorkan modal sebesar 100 ribu saja. Murah kan! Sudah begitu tidak perlu pusing karena nanti ada Manajer Investasi yang mengelola uang kita.

Dengan 100 ribu saja kalian sudah memiliki predikat "investor." Wih, keren ya!
(Source : miplanku.com)

Tapi sebenarnya, apa sih reksadana itu?

Reksadana dapat diartikan sebagai suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi (MI). 
Secara lebih simpel, reksadana adalah kumpulan instrumen investasi pasar modal (obligasi dan saham), yang di-bundling dalam satu paket di mana nantinya yang mengelola paket ini adalah Manajer Investasi, kita hanya tinggal menyetorkan uang seperti menabung pada umumnya.
Berdasarkan klasifikasi risikonya ada 3 jenis reksadana:
  1. Reksa Dana Ekuitas/Saham (jangka waktu investasi lebih dari 5 tahun, untuk investor tipe agressive - yang berani menanggung risiko dari prinsip high risk, high return)
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap/Pasar Uang (jangka waktu investasi 1 - 2 tahun, untuk investor tipe conservative - cocok untuk mempersiapkan pensiun nanti karena reksadana jenis ini lebih stabil naik-turunnya dan meminimalkan risiko)
  3. Reksa Dana Campuran (jangka waktu investasi 3 - 5 tahun, untuk investor tipe moderate - jenis reksa dana yang merupakan campuran dari saham dan obligasi)
Reksadana dihitung dari satuan unit kepemilikan/penyertaan yang disebut dengan NAB (Nilai Aset Bersih) / NAV (Net Asset Value). Misalkan saya ingin investasi di reksadana milik Phillip Securities Indonesia yakni Phillip Money Market Fund. Hari ini harga Phillip Money Market Fund ada di level Rp1.000/unit. Artinya dengan uang Rp100.000, saya telah memiliki 100 unit Phillip Money Market Fund. Lalu dari mana untungnya? Misalkan setelah kamu membeli 100 unit reksa dana tersebut, keesokan harinya harganya naik jadi Rp1.100/unit. Maka market value alias dana yang kamu miliki sekarang adalah 100 unit x 1.100/unit atau Rp110.000. Itu artinya kamu untung 10 ribu. Dengan kata lain, keuntungan kita sebagai investor reksadana nantinya dihitung dari naik turunnya nilai ini. Tapi tetap ingat, yang namanya investasi pasti ada yang namanya risiko rugi. High risk, high return. Sesuaikan profil risikomu dengan reksadana yang kamu beli, ya.

NAV produk reksadana Phillip Securities per 22 Juli
(source : https://www.poems.co.id/)

Dari pengalaman saya sendiri, reksadana nyatanya memang JAUH lebih menguntungkan daripada sekadar menabung di tabungan biasa. Kalau kondisi ekonomi sedang bagus, keuntungan kita bisa jauh berkali-kali lipat daripada menabung. Imbal hasil reksadana yang kinerjanya baik bisa menghasilkan keuntungan hingga 10-15% per tahun atau bahkan lebih tergantung pada jenis reksadana yang kita pilih dan lamanya waktu berinvestasi. Intinya dengan investasi reksadana, uang kita akan bertumbuh lebih cepat. Bandingkan jika kita sebutlah menaruh uang 500 ribu di tabungan dan mendiamkannya. Apakah uangnya bisa berkembang pesat? Memang ada yang namanya bunga bank, tetapi bila hanya didiamkan, yang ada uangnya malah terus tergerus biaya administrasi dan pajak. Berbeda dengan reksadana yang bukan merupakan objek pajak, kalau kamu investasikan uang 500ribu-mu itu dengan membeli produk reksadana lalu kamu diamkan, tahun depan mungkin uangmu sudah bertumbuh menjadi 550 ribu. Artinya kamu sudah untung 50 ribu. Terbayang dong, kalau kita disiplin berinvestasi setiap bulan? Berapa banyak jumlah uang kita di masa depan nanti?

Begini ilustrasinya :
Investasi awal : Rp 100.000
Investasi reguler : Rp 200.000 (bulanan)
Jangka waktu investasi : 3 tahun
Imbal hasil : 10% per tahun
Nilai investasi di masa depan : Rp. 8.560.818,77

Investasi di reksadana membuat uang kita bertumbuh lebih cepat daripada sekadar menabung
Dari ilustrasi tersebut, sudah jelas investasi membuat uang kita bertumbuh lebih cepat daripada tabungan atau deposito, namun faktanya, saat ini total investor reksadana baru mencapai 400.000 jiwa dengan dana kelolaan sebesar 400 triliun Rupiah. Padahal jumlah penduduk Indonesia saja lebih dari 250 juta jiwa. Artinya baru sekitar 0,0016% yang sudah menjadi investor reksadana.

Dari paparan di atas, tentu kamu sudah lebih paham kan mengenai reksadana? Yuk, mari mulai berinvestasi dan ikut berkontribusi agar angka 0,0016% itu semakin bertambah besar!

Eh tapi, bagaimana caranya? Kayaknya ribet banget ya investasi di reksadana itu.

Di zaman yang teknologinya sudah mumpuni ini, sekarang sudah ada lho yang namanya reksadana online!

Daripada kamu memanfaatkan social media untuk hal-hal yang tidak produktif, lebih baik manfaatkan saja untuk investasi online. Dengan POEMS ProFunds, kini berinvestasi di reksadana semuanya jadi lebih mudah, enggak ribet dan pastinya aman serta terpercaya. 

POEMS ProFunds


POEMS ProFunds (Phillip’s Online Electronic Mart System ProFunds) adalah toko reksadana online milik PT Phillip Securities Indonesia. Phillip Securities Indonesia adalah perusahaan sekuritas terpercaya yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1994. Phillip Securities Indonesia adalah bagian dari PhillipCapital yang memiliki jaringan global di 16 negara. Dengan pengelolaan aset lebih dari USD 28 miliar dan lebih dari 1 juta klien, PhillipCapital adalah salah satu grup institusi keuangan terbesar di Asia. Bekerja sama dengan 22 perusahaan asset management lokal dan asing, kamu bisa memilih berbagai jenis reksadana yang sesuai dengan profil dan tujuan investasimu. Saat ini sudah terdapat lebih dari 100 produk reksadana yang bisa kamu pilih di POEMS ProFunds. Di POEMS ProFunds ini kamu bisa "shopping" reksadana online sesuka hatimu!

Tampilan home POEMS ProFunds yang user-friendly

Salah satu produk reksadana yang bisa kamu beli di POEMS ProFunds ini adalah produk dari Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).


PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang merupakan salah satu anak perusahaan Manulife Financial ini telah menawarkan beragam jasa manajemen investasi dan reksadana di Indonesia selama 20 tahun sejak tahun 1996. Sejak pertama kali berdiri hingga kini, MAMI secara konsisten berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar di industri reksadana Indonesia, dengan dana kelolaan mencapai lebih dari 44,6 triliun Rupiah per akhir tahun 2015. MAMI menawarkan 20 produk reksadana yang terdiri dari reksadana saham (termasuk saham syariah), pendapatan tetap, campuran dan pasar uang. Seluruh rangkaian produk reksadana Manulife dikelola oleh tim pengelola investasi yang secara rata-rata memiliki pengalaman selama 12 tahun. Produk reksadananya yakni Manulife Dana Saham pada tahun berjalan (YTD) telah tumbuh mencapai 13,67% dan Manulife Obligasi Unggulan telah tumbuh 16,29 %.

Mengapa harus POEMS ProFunds?

Mengusung tagline Reap Your Investment from Handpicked Funds, POEMS ProFunds yang merupakan pionir reksadana online di Indonesia ini memiliki beberapa keunggulan :
Pertama, sudah pasti hemat waktu dan biaya. Kamu bisa men-download aplikasi POEMS ProFunds di smartphone-mu atau membukanya lewat komputer. Dengan demikian kamu bisa lebih mudah memantau investasi reksadanamu kapanpun dan dimanapun. Terkait dengan biaya, transaksi pembelian dan penjualan kembali reksadana di POEMS ProFunds ini sangat rendah, serendah 0% lho (syarat dan ketentuan berlaku). Faktor biaya ini penting sekali karena sekecil apapun biaya transaksi tentu akan berpengaruh pada investasi kita.

Kedua, membandingkan kinerja reksadana melalui satu platform. Di sini kita bisa membaca profile produk dan Manajer Investasi dari masing-masing produk reksadana dan kemudian membandingkan kinerjanya. Saya sendiri sangat suka dengan fitur ini, jadi tidak perlu repot-repot berpindah platform.

Informasi produk reksadana Manulife Dana Saham secara umum (overview) 
(source : poems.co.id/Profunds)
Klik tab Compare, bandingkan kinerja Manulife Dana Saham dan Manulife Obligasi Unggulan sebelum memutuskan investasi mana yang kita pilih (source : www.poems.co.id/Profunds)

Ketiga, fitur auto-sweep-nya dapat lebih memaksimalkan hasil investasi kita. Ketika masih ada dana yang tersisa di Rekening Dana Investor (RDI) kita, POEMS ProFunds akan menginvestasikan dana mengendap tersebut secara otomatis ke reksadana pasar uang, sehingga return yang kita dapatkan akan lebih maksimal.

Masih bingung memilih produk reksadana yang tersedia di POEMS ProFunds? Tenang, POEMS ProFunds memiliki fitur SmartStart. Fitur ini akan membantu memilihkan produk reksadana yang sesuai dengan profil risiko kita saat memulai berinvestasi reksadana di POEMS ProFunds. SmartStart terdiri dari tiga paket (konservatif, moderat, agresif) yang setiap paketnya berisi berbagai produk reksadana pilihan dari tim riset Phillip Securities Indonesia dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti return, risk, risk adjusted return dan sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal, sangat disarankan agar berinvestasi secara reguler, at least setiap bulannya. Kenapa? Karena hal ini akan menyebabkan kita berinvestasi pada harga yang berbeda-beda, baik harga tinggi maupun rendah. Dengan demikian portofolio kita tidak terlalu terekspos pada naik-turunnya pergerakan harga pasar. Investasi secara rutin adalah strategi yang oke untuk mengembangkan aset dalam jangka panjang. Tapi mungkin karena kesibukan, kadang kita jadi lupa untuk berinvestasi rutin setiap bulannya. Gak usah khawatir! POEMS ProFunds juga punya solusinya.

Fitur SmartPlan dari POEMS ProFunds membuat kita lebih disiplin dalam berinvestasi
(source : www.poems.co.id/PoemsInfo/SmartPlan/)

SmartPlan adalah salah satu fitur di POEMS ProFunds yang akan secara otomatis melakukan pendebetan pada Rekening Dana Investor (RDI) setiap bulannya dengan jumlah dan tanggal yang telah ditentukan nasabah untuk melakukan pembelian reksa dana. Dengan SmartPlan, kita dapat dengan mudah menginvestasikan dana secara teratur setiap bulan untuk meraih tujuan keuangan di masa depan. Tinggal buka aplikasi POEMS ProFunds, klik fitur SmartPlan, lalu cusss deh atur jumlah uang dan masukkan tanggal yang kita inginkan. Dengan demikian kita bisa disiplin untuk investasi setiap bulannya pada tanggal tertentu. Gak perlu worry-worry lupa berinvestasi lagi deh!

Masukkan nominal yang ingin diinvestasikan setiap bulannya dan selanjutnya sistem akan secara otomatis memberikan pilihan produk reksadana yang dapat dibeli sesuai dengan jumlah nominal tersebut
(source: https://www.poems.co.id/PoemsInfo/SmartPlan/)



Lalu tentukan tanggal pembelian reksadana yang diinginkan setiap bulannya
(source : https://www.poems.co.id/PoemsInfo/SmartPlan/)

Segera #WujudkanImpianmu dengan berinvestasi di reksadana online POEMS ProFunds!

Dalam diskusi bertema “Investment Behavior for Millennials” yang diadakan oleh Phillip Securities Indonesia dan Manulife Aset Manajemen Indonesia, millennials (yang lahir pada periode tahun 1981-2000) merupakan segmen pasar yang sangat potensial. Perilakunya yang cenderung berlebihan (mengarah ke boros) dalam mengonsumsi barang dan jasa membuat millennials disukai banyak brand. Sayang, ada satu hal yang luput dari perhatian millennials, yaitu investasi. Menurut Martha Christina, Head of Education Phillip Securities seperti dikutip dari marketeers.com, ada beberapa alasan mengapa millenials tidak berinvestasi. Pertama, millenials merasa ia tidak memiliki uang. Padahal, anggapan ini sama sekali tidak benar. Kedua, millennials pada dasarnya tidak mengerti cara berinvestasi, sehingga mereka bingung bagaimana seharusnya berinvestasi.

So, dengan tulisan ini saya ingin meng-encourage kalian yang seumuran dengan saya (20-an awal) untuk lebih melek finansial dan mulai berinvestasi sedini mungkin. Usahakan kalian menabung dan berinvestasi terlebih dulu sebelum melakukan pengeluaran. Pay yourself first! Amankan dulu tujuan dan impian di masa depan, baru deh yang lainnya. Setiap kali kamu memperoleh uang saku atau gaji, sisihkan dulu sekian persen-nya (maksimal 30%) untuk dimasukkan ke dalam rekening investasi reksadana, sekian persen ditabung, lalu sisanya barulah dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Don't save what is left after spending; spend what is left after saving." - Warren Buffet
(source : www.leadershiprevolutionblog.com)

Jadi, untuk kamu yang punya banyak mimpi dan ingin segera #WujudkanImpianmu di masa depan, investasi adalah kewajiban mutlak. Daripada terlalu sering ngopi yang satu gelasnya bisa mencapai 50 ribu atau "makan cantik" 100 - 200 ribu sekali makan demi eksis di media sosial, lebih baik uangnya dialokasikan ke investasi reksadana saja. Better late than never, but better starts from now. Jangan menunggu sampai kamu punya uang banyak, investasilah dari sekarang! Cukup dengan 100 ribu kamu sudah bisa membeli produk reksadana dan kemudian sedikit demi sedikit, kamu akan lebih dekat dengan impianmu bila disiplin berinvestasi setiap bulannya.

Apapun mimpimu bisa terwujud dengan berinvestasi di reksadana. Yuk mulai dari sekarang!

Semakin dini memulai petualangan kita dalam berinvestasi, semakin sedikit jumlah uang yang perlu disisihkan untuk mewujudkan impian kita di masa depan (karena investasi menganut prinsip bunga berbunga alias compound interest). Semakin lama kita menunda, semakin sedikit waktu yang kita miliki dan semakin banyak uang yang perlu kita investasikan untuk mengejar ketinggalan. Bermimpi tanpa berbuat apa-apa tidak akan membuat mimpimu terwujud, yuk segera take action dengan membuka account dan berinvestasi di reksadana online POEMS ProFunds dan ayo melangkah lebih dekat dengan impianmu!


Tulisan ini disertakan dalam Phillip Blog Competition 2016 #WujudkanImpianmu

9 comments:

  1. Wah jelas banget ngulasnya sampai ku jatuh hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Andrea, terima kasih sudah mampir. Yuk langsung open account reksadana online di POEMS ProFunds :)

      Delete
  2. ulasannya rinci ka,saya langsung meluncur ke situsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Andrian, terima kasih sudah mampir. Yuk langsung open account reksadana online di POEMS ProFunds :)

      Delete
  3. Aduduuu...menarik banget nih postingannya. Pengen sih ikutan lomba tapi koq ya, gak mudheng2 nih dari mana harus mulai menulisnya. Tapi no harm to try, kan ya. Tapi liat postingan ini jadinya ngeper, hehe... tapi gimana pun harus nyoba, lumayan lah walau pun gak dapet apa-apa, tapi blognya ke-update. Nice posting banget ini mah. Salut, semoga keluar jadi jawara. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dicoba aja Bunda hehe deadlinenya masih sampe tanggal 31 Agustus kok :)
      Aminnn bisa jadi juara :) Makasih Bunda!

      Delete
  4. semoga tercapai cita-citanya jalan-jalan keliling dunia, amin.
    saya juga ikutan lomba ini, intip artikelnya yuk : https://indri4meubelindo.wordpress.com/2016/07/27/only-saving-is-not-enough/

    ReplyDelete
  5. Selamat, ya. dari kunjungan bunda pertama tanggal 22 Agustus, bunda sudah punya feeling Eugenia dengan MIND WANDERER-nya bakal jadi Jawara, dan ternyata bener juga ramalan bunda, hehe... Sekali lagi, selamat ya, layak jadi Pemenang pertama karena ulasan sangat meyakinkan dengan pernak-pernik yang meyakinkan. OOT nih, ya. Di mana ya bisa liat daftar lengkap Pemenangnya, termasuk pemenang favoritnya. Pengen aja BlogWalking. Thank you.

    ReplyDelete
  6. Makasih ya artikelnya bermanfaat. Aku 23 tahun dan beneran pengen belajar berinvestasi. Udah sering baca-baca artikel dari pakar keuangan dan semuanya menyarankan untuk berinvestasi. Tapi aku bingung mulainya dari mana. Nah kayaknya sekarang udah bisa belajar berinvestasi secara online yak. :)

    ReplyDelete