2017 : An Overview

Heyho! I finally back on my blog. Kalau dipikir-pikir mulai pertengahan 2017 ke belakang sudah sedikittt banget nulis blognya. Overall, tahun 2017 cuma nulis 3 post! OMG. I somehow forgot my 2017 resolution untuk setidaknya menulis satu post setiap bulannya. Well... time flies. Sekarang sudah masuk ke 2018 dan bahkan bulan Januari tanpa terasa sudah mau habis aja. Berasa banget gak sih kayak tiba-tiba waktu berjalan begitu cepatnya alias numpang lewat doang dan kita ngerasa, "Duh, kok hidup gue masih begini-begini aja yak." Well. Gue juga belakangan ini selalu merasa demikian.

Untuk memulai post di tahun 2018 ini, gue ingin sedikit flashback ke 2017. Let's make somekind of 2017 overview. Seperti yang sudah gue prediksi sebelumnya, 2017 ini temanya mungkin: bingung dan bimbang. Banyak banget kebingungan dan kebimbangan yang gue alami di berbagai aspek kehidupan gue. Mulai dari mempertimbangkan untuk ambil S2 atau engga, resign atau stay di sini, dan lain-lain. Tapi terlepas dari berbagai kebingungan di 2017, I gained lots of experience. Many blessings, new friends, more me-time, more travel-time.




Waktu masih seperti biasa lebih banyak gue habiskan di kantor. Tiap harinya bisa 8 - 10 jam atau mungkin 12 jam kalau mesti lembur. Bersyukur banget gue masih masuk ke dalam golongan yang lemburnya belum termasuk ke kategori parah. I still managed to come to the office at 07.30 - 08.00 a.m and going home at 18.00 - 19.00. Badai "peak season" mungkin efeknya gak terlalu lama di gue. So, gue bersyukur aja untuk itu, Tuhan masih ngasih gue kesempatan untuk bisa istirahat dengan cukup. Di pertengahan 2017 ke belakang, gue sempet ngerasain yang namanya "burn out" di kantor. Mungkin bagi orang-orang di sekitar gue gak "ngeh" kalau gue lagi mengalami "burn out" (secara tampang memang gue masuk ke golongan yang "lempeng" alias "poker face"). Tapi di akhir 2017 gue sempet drama sih, pake acara nangis-nangis sendiri di kamar. Capeknya bukan ke fisik tapi capek batin. Kayaknya Tuhan negur gue kali yah karena kesibukan kerja jadi agak terbengkalai kehidupan rohaninya. Tapi... despite of that burn out thing, gue ngerasa sih sejak hampir 2 tahun kerja di sini, perlahan gue ngerasain adanya sedikit perkembangan in terms of berkomunikasi sama orang. Bok, dulu anaknya pemalu banget dan irit kalo ngomong. Sekarang, perlahan-lahan udah mulai bisalah ngomong terstruktur di depan client, khususnya. Yah, walaupun gue introvert banget, tapi kalau di depan client bisa mulai basa-basi sedikit lah untuk memulai pembicaraan haha.

Nah, kembali lagi ke soal "burn out". Karena belakangan jadi lebih gampang "burn out", gue-nya jadi impulsif banget buat ngelakuin getaway, ya either pergi ke suatu tempat atau impulsif beli tiket film. Ya random aja gue ngajakin bokap pergi. "Pa, pergi ke sini yuk. Ke sana yuk." Dan untungnya bokap tipe yang manut aja kalau diajak pergi ke mana-mana haha. Tahun ini ternyata juga cukup banyak short escape. Mulai dari pertengahan tahun, hampir tiap bulan ada aja short escape-nya either ke Bandung, Cirebon sampai Singapura! Kayak salah satu quotes yang pernah gue baca, "Holiday is needed to keep you sane". Indeed. 

Selain ke tempat-tempat di atas, gue juga bersyukur banget dapat kesempatan untuk pergi ke Medan (karena urusan kantor) dan juga Lombok (karena outing divisi). Jadi lumayan juga sih tahun 2017 bisa jalan-jalan ke 5 kota yang berbeda. Terakhir kali ngalamin banyak jalan-jalan ke luar kota itu pas tahun 2014-2015 waktu masih jadi Beswan Djarum. Inget banget waktu itu ke Semarang, Kudus, Lembang terus Yogyakarta. Ah, how I miss that moment. 

Kemudian, sama seperti tahun-tahun yang lalu, I still keep in touch with my college and high school friends. Selalu berusaha nyempetin waktu untuk ketemu mereka, baik di weekend ataupun after office hour. Gak berasa udah hampir 6 tahun sejak lulus SMA dan 2 tahun sejak lulus kuliah. Gue-nya masih begini-begini aja. Masih betah single di antara banyaknya teman-teman SMA dan kuliah yang sudah mulai tunangan, nikah sampai punya baby dong! Hmm kadang suka baper aja sih, kenapa sampe sekarang masih belum ketemu jodoh haha. Umur udah mau jalan seperempat abad gini. Cuma ya percaya aja mungkin gue-nya juga belum siap untuk berkomitmen lebih jauh dalam sebuah hubungan. Maklumlah anaknya memang masih seneng ngapa-ngapain dan ke mana-mana sendirian. Independen ceritanya haha. Cos I am totally fine eating alone, going to the mall alone, watching movies alone or even travelling alone xD. I am my own perfect companion, you know.

Di tahun 2018 ini, gue juga sudah menetapkan sejumlah resolusi untuk bisa diwujudkan. Salah satu yang terutama adalah self-care. Believe it or not, sekarang gue udah mulai rutin menjalani skincare biar kulit bisa tetap mulus haha soalnya anaknya ga telaten kalau tentang perawatan diri. Selain itu juga seminggu sekali suka maskeran dan kadang dateng ke reflexology macam Kokuo buat dipijit. Pokoknya me-time bangetlah. Di tahun ini memang mencoba lebih memperhatikan diri sendiri, lebih care sama diri sendiri. Bukan selfish, tapi self-love. Karena kalau jomblo gak perhatiin dan fokus sama dirinya sendiri, siapa lagi yang mau care dan perhatiin?! HAHAHA. 

Selain self-care, let's hope di 2018 ini jadi semakin rajin menulis blog lagi. Jadi teringat juga dengan beberapa teman kerja yang baru masuk di pertengahan 2017. Ternyata mereka salah satu pembaca postingan gue tentang proses rekrutmen di kantor gue sekarang. "Ini Eugenia yang nulis blog itu kan?" lalu "Eh makasih loh udah nulis blog-nya. Kalau engga sih gue jadi ga tau apa-apa tentang prosesnya." Jujur sih awal-awal kaget, karena ternyata postingan gue bisa juga bermanfaat bagi orang lain. But really, thanks guys for reading my blog and letting me know that you had the benefit from that post. Yang kayak gini-gini sih yang bikin semangat buat nulis lagi. Setidaknya gue tahu kalau blog ini juga bisa jadi media untuk menebar manfaat bagi orang lain. Tahun 2017 kemarin sih rasanya lagi mampet aja idenya dan juga mungkin karena jadi lebih fokus ke kerjaan (halah, excuse!). Sebenarnya udah sempet nulis beberapa post; tentang travel juga ada. Tapi sedihnya cuma berakhir di draft karena gak tahu lagi mau nulis kayak gimana. But I think awal tahun ini ingin menyelesaikan beberapa post tentang travel karena pengen latihan nulis blog tentang traveling hehe. Baiklah, doakan aku semoga semakin rajin yah nge-blognya :D

Well, I think that's it for now then. I need to go back to work. Cheers!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum