Relieve For A While... Take A Deep Breathe

Finally, the National Final Exams *sigh* has been over today.


"Berdoalah terus kepada Tuhan. Niscaya, suatu saat kamu akan merasakan Pendampingan-Nya yang luar biasa. (teruji saat UN tanggal 27 & 30 April 2009)"
-EUGENIA-
(akhirnya bisa buat quote sendiri! *bangga*)


Here is my review :
Nomor Peserta : 05-028-091-6
Nama Pe
serta : Eugenia Septhariani
Tanggal Lahir : 26 September 1993
Sub Rayon : 12
Ruang : 5


Hari Pertama, 27 April 2009 : BAHASA INDONESIA
penilaian : biasa, tapi agak deg-degan

hari pertama emang bikin deg-degan gila! gue bangung pagi.. banget.. Terus jam 07.30, udah masuk kelas. Sebelum ngerjain soal h
arus ngebuletin LJUN yang bulatannya ya Tuhan, gak ketolongan. Udah gitu kan nama gue kan panjang (banget) E-U-G-E-N-I-A-S-E-PT-H-A-R-I-A-N-I = 18 Digit. Belum 9 digit nomor peserta, 6 digit tanggal lahir, 2 digit paket soal. Beruntung banget yang namanya pendek macam Erwin, Christian, Christy, Jennifer, Stephani. Belum ngerjain tangan gue udah pegel ngebuletin identitas. Waktu bel bunyi, gue langsung ngerjain soal pertama. Langsung terlintas di kepala : "Gila, kata orang-orang UN itu lebih gampang daripada TryOut, tapi kenapa sekarang kok jadinya horor gini?". Entah perasaan gue aja atau gimana, pas ngerjain tuh soal rasanya tangan gue yang keringet dingin, tiba-tiba ada sesuatu yang hangat menyergap ke badan gue (*duileh puitis amat*). Yang tadinya deg-degan tiba-tiba bisa jadi tenang. Di sini gue baru menyadari kalo kekuatan doa itu berguna banget dan kerasa efeknya! Gue gak tau jawaban gue bener apa nggak. Secara kalo Bahasa Indonesia itu kan ujiannya jawaban-jawabannya selalu SUBJEKTIF. yang menurut kita bener, tapi buat orang lain itu salah. Semoga aja pemerintah sependapat sama gue (amin). Dan gue optimis dapat bagus! Walau pilihan-pilihannya rada rumit dan bacaannya gak sesimpel Try Out.. Semoga!!!



Hari Kedua, 28 April 2009 : BAHASA INGGRIS
penilaian : sama kayak penilaian Indi : mistis! mungkin bagi gue tingkat kemistisannya udah horor banget!

deg! buset, baru ngerjain soal nomor 1 aja kok gue udah ngerasa susah ya? dan dimulailah 'kesusahan' gue ke nomor-nomor berikutnya. untuk pertanyaan yang jawabannya ada di passage, nyusun kalimat, dan beberapa bacaan sih gue bisa, tapi untuk soal-soal yang harus dipahami & dimengerti itu yang gue gak bisa. ada sekitar 5 soal tentang passage yang gue gak yakin. vocab udah salah 1. vocab bagi gue gak terlalu bermasalah. yang susah itu gara-gara PILIHAN-PILIHAN yang mirip satu sama lain! arrgh -___- tapi gue berspekulasi 70% gue bisa jawab kok. habis UN nya kepala gue rasanya gimana gitu. otak gue gatel ngeliatin pilihan jawabannya dan kebanyakan ngeluh sama temen-temen (kasian ya jadi temen gue) : "duh, kenapa tadi gue pilih itu? padahal kan gue udah mau jawab yang ini..bla..bla.. " gue bisa stress dan rada trauma sama bahasa Inggris. hiks... hiks... gue masih bingung aja, ada yang bilang bahasa inggris itu gampang.. nyatanya susah gak ketulungan. JAUH.... lebih SUSAH dan lebih HOROR daripada tryoutnya... gue pasrah aja deh sama Tuhan.


29 April 2009 : MATEMATIKA
penilaian : superb!


here we go! 40 soal nya ternyata gak sehoror bahasa Inggris. dari awal gue udah niat banget ada nilai 100 buat UN terutama buat Matematika (karena Matematika sangat sangat possible untuk dapat 100). sebenernya gue bisa sih ngerjain semuanya. tapi ada 1 satu soal yang keknya gak teliti (tapi belum tentu salah, bisa aja gue lupa). semog
a gue bener dan dapet 100! AMIN! catatan kekonyolan : gue selesenya mepet banget, 10 menit sebelum jam 10 gara-gara kelamaan mikir soal barisan & deret yang sebenernya gampang minta digeplok! cuma tinggal nyari beda tuh barisan abis itu masukkin rumus.. gue GAK bisa! tapi kayaknya Tuhan lagi-lagi menyelamatkan gue hari itu, gue ngitung nih, ngitung perkalian. 20,5 dikali 12 gue tanya berapa? 246 kan hasilnya? tapi kok pas gue ngitung hasilnya 166? dan ternyata.. pas gue cocokkin jawaban sama Widi, ternyata 166 itu jawabannya! DANG! God really saved my life that day!


30 April 2009 : IPA
penilaian : no comment.


fiuh.. akhirnya hari terakhir berjalan lancar. walau sempat ada insiden : LJK gue basah gara-gara kena keringat! haha. such-a-silly-action. konyol ah! ok. setelah nyocokkin jawaban sana-sini. IPA gue kayaknya cuma salah 1, fisika. haha. lagi-lagi kesalahan gara-gara gak teliti. gue cuma ngitung cepat rambat 1 gelombang, sementara yang ditanyain itu cepat rambat 2 gelombang (@.@). tapi semoga biologi aman, gak ada yang salah. AMIN! by the way, hari ini Pak Veri cerita satu kabar yang gak mengenakkan. kata beliau, Pak Sri udah meriksa LJM Bahasa Inggris Soal A (soal gue!) katanya ada yang dapet nilai 1,5? aduh .. horor banget nih.. amit-amit ya Tuhan nilai segitu. "berikan aku yang terbaik, Tuhan!"



OVERALL...
selama 4 hari berturut-turut, gue selesenya selalu mepet banget dari 2 jam yang dikasih. perasaan waktu Try Out gue selesenya bisa 1 jam setengah?! why? apa ini menandakan kalo UN 2009 emang lebih susah kali ya? gue gak tau deh. kayaknya temen-temen gue nyantai-nyantai aja ya. tapi kok gue malah stress-pasca-UN ya gara-gara Bahasa Inggris? ah.. tapi ngapain dipikirin? nambah beban hidup aja. yang penting jalanin dulu ujian praktek + tertulis!

yang rada nyebelin, apa iya bener gosipnya UN tiap provinsi itu beda
? kayaknya sih positif iya. temen gue si Marcia (SMP Santar Ursula) dan Tika (SMP Al-Azhar) itu kode soalnya udah beda sama gue. padahal sama-sama DKI Jakarta loh! Apa mungkin juga tiap kodya beda-beda sesuai dengan rata-rata nilainya? Ah.. kalo gitu yang rata-rata nilainya tinggi soalnya susah dong! Kok gitu ya caranya, kalo gitu mah bukan Ujian Nasional lagi namanya. Abis satu Indonesia soalnya beda-beda gitu.

kebanyakan protes ya gue? yah, gue gak tau deh, gue rasa gue masih terlalu kecil untuk mengerti cara berpikirnya Menteri Pendidikan kita. yang penting gue udah berhasil ngejalaninnya dengan lancar. tinggal nunggu hasil. semoga hasilnya memuaskan, Tuhan... sehingga bisa LULUS, bahagiain ortu, bangga sama diri sendiri, AMIN! jangan lupa berdoa & bersyukur terus-menerus sama Tuhan! Tuhan pasti tahu kok yang terbaik buat kita!

:D Tetap semangat!

Petikan Kitab Suci Untuk Hari Ini :
Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya ... Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya. (Pengkotbah 3 : 1 & 11a)



Just wait for the result on June 20th. I don't know, I'm optimistic but also pessimistic, especially for English. I thought that I've made (hopefully not) so many mistakes, about the passage, actually. Nah, how careless am I. I didn't read it carefully @.@. MY teacher told something But, still, I pray to God for the best results :) Bless me God, Mom! :) I really need your miracle for English and also for the other subjects! Well, take a deep breathe. Even the UAN has over, but there are still two kinds of exams waiting for me -.- the practical one and the theory. Hope I'll be doing the best. I must. I can! ^^ Support and pray for me!

Move into another topic..
Today I just can convey my feelings towards by writing in this lovely blog (anyways, people, do you have any idea for me? I wanna change my blog template because I'm too bored using this kind of blog template. I've been searching for the new one, but I haven't found the good one yet. help me!)

But what should I write in this space beside my private feelings?
*Brainstorming A While...* The last... ok, I'm too much writing here. *pardon any bad grammar*
Udahan ah jadi stress bawaannya kalo ngomongin UN lagi (yang lalu biarlah berlalu, tiada yang perlu disesali)... hehehe... seminggu ini gue intensif UjiPrak nih. abis itu ada UAS tertulis.. abis ituuuu~~ I'M FREE.... YATTA!!!!!! tapi deg-degan juga nunggu pengumuman kelulusan... Huaaaa.... *jedot-jedotin kepala ke tembok*

Now, I wanna to prepare myself for the examen practique tomorrow :) and also preparing for the presentation of Kartul. wish me luck :)

GBU, God Bless Me, God Bless Us!!

Bonus Refreshing setelah UN :

Kim Beom! (how cool ne~)

xo, eugenia

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum