Tuesday, December 23, 2014

The Authentic Japanese Flavor : Marugame Udon Kota Kasablanka

Sehabis cemal-cemil manis di Churreria Spanish Chocolateria, kali ini kita berlima beralih ke main coursenya. Karena bingung mau makan di mana, akhirnya kami putuskan untuk mencoba Marugame Udon. Well, sebagai pecinta makanan Jepang (yang seumur-umur baru nyobain segala macam jenis sushi aja), saya juga gak mau ketinggalan mencoba masakan Jepang yang lain, yaitu udon. Kali aja udon ini lebih enak daripada ramen (saya kurang begitu suka ramen). 

Pic credit : Google


Udon adalah salah satu jenis mie tepung dari Jepang yang ukurannya lebih besar dari ramen, berwarna putih dan terasa kenyal. Di Jepang, udon merupakan makanan rakyat, berharga murah dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi. Orang Jepang sejak dulu sudah akrab dengan udon dan sering dimakan beramai-ramai sewaktu ada keramaian atau perayaan. Variasi cara memasak dan jenis lauk yang digunakan berbeda-beda bergantung pada daerahnya di Jepang. Nah, Marugame Udon sendiri juga ternyata lagi nge-trend banget nih di ibukota. Resto kedua yang dikelola oleh PT Sriboga Group ini ternyata merupakan franchise dari Marugame Seimen yang berpusat di Kobe, Jepang. 

Sistem pemesanannya pada dasarnya sama seperti di resto Hoka Hoka Bento, ambil nampan sendiri, terus pilih deh menu yang diinginkan (self-service). Selain itu alur pemesanannya rapi banget deh, jadi pelanggan gak asal serobot sana-sini karena di sini pelanggan harus bener-bener masuk ke antrian dan gak boleh tag-tag tempat dulu kayak di kebanyakan resto pada umumnya. Di gerai ini, para pelanggan yang mengantri bisa melihat proses pembuatan udonnya (open kitchen); dari saat adonan masuk ke mesin yang membentuk udon, udon yang direbus, dikeringkan dengan pengering khusus supaya air untuk memasak tidak tercampur, sampai proses memasukkan bahan-bahan lainnya. Semua bahannya sudah siap tinggal ditambahkan ke udon. Prosesnya juga cepat sekali, mungkin cuma butuh 45 detik - 3 menit untuk pesanan per pelanggan selesai tergantung ramainya pesanan. 

Berikut rangkuman cara pesan di Marugame Udon :
1. Pilih menu main course yang di inginkan baik itu udon atapun nasi
2. Pilih gorengan yang di sukai
3. Pilih minuman (ocha dingin/panas)
4. Bayar
5. Pindah ke meja condiment untuk mengambil daun bawang, remah gorengan ataupun shoyu dan bumbu lainnya. 

Nah, ini dia nih list menu Marugame Udon :

Pic credit : Google 

Pic credit : Zomato

Pic credit : Zomato

From right to left : Kake Udon, Niku Udon, Sukiyaki Beef Curry, Skewered Tofu Roll

Kake Udon (IDR 33.000)

Saya sendiri pesan menu basic yaitu Kake Udon yang isinya (hanya) udon polos, daun bawang, remahan tempura dan kuah kaldu dashi. Karena memang baru coba pertama kali, jadi kesannya biasa banget yah menu ini. Eh tapi.... voila! Saya langsung jatuh cinta pada seruputan yang pertama sama si udon ini! Untungnya saya juga pesan gorengannya yaitu Skewered Tofu Roll (IDR 12.000) ya jadi udonnya gak polos-polos banget rasanya. Udonnya lembut dan kuahnya luar biasa gurih dan nikmat :) Apalagi bisa tambahin tendon sauce sesuka hati. Lain kali saya mesti masukkin ebi furai dan juga beef croquettenya ke udon nih karena setelah nonton salah satu variety show Jepang Arashi ni Shiyagare, saya baru tahu kalo udon itu pada dasarnya hanya mix & match dengan berbagai tempura, telur (ontama udon) ataupun daging (niku udon).

Kita makan berlima, tapi pesenanannya cuma tiga mangkok karena kita takut gak bisa abisin satu porsinya. Eh tapi ternyata, 1 porsi berdua itu gak cukup, readers! Saya berbagi udon dengan satu teman saya ternyata masih laper dan pengen nambah udon lagi. Tapi saya urungkan niat itu karena masih harus siapin perut untuk dessert nanti hehe :D

Conclusionnya, bagi yang suka rasa simple, saya sangat rekomendasikan Marugame Udon ini. Karena bumbunya gak macem-macem, dan rasanya mantap. Udonnya juga fresh banget. Bagi yang suka rasa yang lebih berat, ada Curry Udon, tapi karena saya baru makan udon pertama kali, dan saya tahu bumbu curry itu "berat" banget karena kental kayaknya makan udonnya akan jadi makin berat dan capek ya. Tapi kembali ke selera masing-masih sih ;) 

Budget yang harus disiapkan untuk makan di Marugame Udon Kota Kasablanka ini mungkin bisa mulai dari IDR 50.000 - 85.000 per orang, tergantung ambil tempuranya banyak atau enggak. Harga udonnya sendiri paling mahal IDR 50.000, dan paling murah IDR 33.000 (Kake Udon). Oh ya, semua harga yang muncul di menu Marugame Udon sudah termasuk tax loh, jadi gak usah pusing-pusing lagi deh. 

Untuk tempatnya sendiri di Kota Kasablanka, lumayan nyaman juga walaupun ramai banget suasananya (padahal kita berlima perginya hari Senin loh). Di sini kita paling banyak foto selfie sekalian menunggu antrian SUMOBOO yang lama banget, so here we are :


Merry Christmas from us!

Marugame Udon
Kota Kasablanka Mall, LG Floor Unit 11-12
Jl. Casablanca Raya Kav 88
Jakarta, Indonesia 12870
Twitter : @marugameudonid

TWITTER : @eugeniatheodora | INSTAGRAM : @eugeniasepthariani
E-MAIL : eugeniasepthariani[at]gmail[dot]com

No comments:

Post a Comment