One Step Closer

It's September already! My favorite month of the year (you-know-why) xD Anyway, 2015 itu tinggal hitungan jari ya. September, Oktober, November, Desember. Four-months left to achieve our goal in 2015. Salah satu target gue di tahun ini adalah skripsi harus bisa selesai dalam jangka waktu 3-4 bulan. Which means Desember udah mesti kelar! Bisa gak yah? Harus bisa dan optimis! Berhubung udah dapet tempat untuk magang lagi di Desember jadi mau gak mau skripsi harus buru-buru dikelarin sebelum negara api menyerang :") Berharap banget bisa sidang di akhir Desember. Amin!

I'm now in my 7th semester. Bicara soal skripsi... hem nano-nano deh rasanya. Kalau yang lain udah mulai kelar bab 1 nya (dan bahkan sudah ada yang mulai bab 3), hari ini gue baru aja di-accept topiknya. Thank God banget deh sudah mulai ada setitik pencerahan sih mau dibawa ke mana topik skripsi gue ini. Jadi hari ini gue sedang berjuang menyelesaikan bab 1 dan bab 2 sekaligus. Target gue minggu depan udah kelar 2 bab ini jadi tinggal serahin dan nunggu revisi.



Awalnya deg-degan banget kira-kira bakal dapet siapa nih pembimbing skripsinya. Kenapa? Karena secara gak langsung pembimbing skripsi (PS) lo menentukan kelulusan lo *walaupun faktor terbesarnya tetap adalah diri lu sendiri, gimana lu melawan kemalasan dan faktor X lainnya* Banyak gosip yang bilang dosen A ini susah ditemuin, ribet, kelarnya 2 semester. Ada lagi dosen B yang justru ngejar lu, 1 semester juga kelar. Sampe akhirnya... gue dapet dosen pembimbing yang ini. Awalnya ngedumel sendiri sih "gue kan hindarin topik ini biar ga dapet dosen ini, eh malah dapet dia". Ternyata emang bener kalo orang bilang bahwa suatu hal semakin ditakutin atau semakin dihindarin justru itu yang kejadian. Harusnya dari awal gak usah ekspektasi apapun kali ya. Back to the topic, so kenapa gue ngomel-ngomel pas tau dapet si Ibu dosbing yang satu ini? Alesannya sih cuma karena gue ngeliat skripsi kakak kelas yang dapet si Ibu ini rata-rata kelarnya lama banget. Langsung deh parno, takut gak kelar 1 semester.

Map skripsi dan buku panduannya

Jangan gampang nge-judge. Mungkin itu yang bisa gue petik. Nyatanya setelah ketemu si dosbing, orangnya baik banget dan ramah. Memang sih untuk nentuin topik sama dia memang lama dan perdebatannya cukup alot karena kita harus sesuain juga topik yang kita enjoy sekaligus sesuai sama selera si dosen. Setelah 4x konsul, baru hari ini topik gue diterima. Intinya gue bersyukur sih dapet Ibu dosen yang satu ini. Sama Ibu PS yang satu ini, gue seolah ditantang untuk membuktikan kualitas IPK gue melalui skripsi yang topiknya beda banget dan jarang dibahas. Fyi, topik yang gue pilih ternyata belum ada yang bikin di kampus. Intinya sih tentang perbedaan fenomena short-term underpricing dan long-term underperformance pada IPO saham ditinjau dari jenis kontrak penjaminan emisinya (best effort vs firm commitment). So... bakal jadi perjuangan banget nih :") Doakan, guys!

Ibu PSnya baik sampe pinjemin buku jurnal tentang IPO cobaaa :")
Setelah mengalami awal-awal masa penyusunan skripsi, gue pun sadar. Emang susah ya perjuangan bikin skripsi itu :") Ditolak topik berkali-kali sakitnya lebih nyelekit ketimbang ditolak cintanya *DUH* Di-PHP-in dosbing rasanya lebih galau ketimbang di-PHP-in gebetan. Tapi banyak banget memang yang bisa dipelajari dari proses penyusunan skripsi. It matures you. Bikin lo lebih dewasa. Bikin lo harus pinter-pinter komunikasi sama si dosen. Kalau secara pribadi, bikin gue yang dari orok emang bawaannya gak sabaran jadi belajar buat lebih woles. Lebih selow *karena segala sesuatu pasti bakal indah pada waktu-Nya :")* Dan tentunya gimana lu berjuang melawan diri lo sendiri. Melawan benih-benih kemalasan, mager, bosen, atau apalah itu yang bikin skripsi lu jadi terhambat dan gak kelar sesuai target.

One step closer to bachelor degree! Makanya gue pilih sebagai judul postingan kali ini. Semoga target penyelesaian skripsi tercapai dan bisa wisuda April 2016! Can I get an amen? Good luck to you all yang juga sedang struggling dengan skripsinya masing-masing :) Kita pasti bisa! Usaha keras tak akan mengkhianati! SEMANGAAAT!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum