A Day in My Life : Graduation Day!

“For I know the plans I have for you, declares the Lord, plans for welfare and not for evil, to give you a future and a hope.”
- Jeremiah 29:11

Mitos "gampang masuk, susah keluar" milik si kampus oren itu akhirnya terpatahkan juga. Hari ini, 14 April 2016, gue di-wisuda ahey! For the first time in my life banget ini :"D Akhirnya gue jadi satu-satunya di keluarga yang bergelar Sarjana :"D Sarjana Ekonomi (Bachelor of Economics), to be exact.


Eugenia Septhariani, S.E. 
Dari awal masuk kuliah, gue sudah menargetkan kalau gue harus bisa kelar dalam 3 tahun. Ambi banget ya lo, Ni! Tapi believe me or not, I truly wrote this on my dream book! Bodo amat lah ya kalau dibilang ambi atau "belajar mulu lo kerjaannya" (believe me gue cuma belajar kalau mau deket-deket ujian ya tolong alias SKS hahaha), tapi semakin lama lo kuliah makin mahal brooh uang kuliahnya... Apalagi tahu sendiri tiap tahun inflasi juga naik gila-gilaan kan. Untungnya di kampus gue kalo IPK tiap semester bagus, bisa dapet potongan 10 - 50%. Gue? Karena gak mau nambahin beban bokap yang udah berat, gue berjuang mati-matian biar tiap semesternya dapat potongan 50%. Dan puji Tuhannya dari awal sampai sekarang udah lulus gue konsisten dapet potongan uang kuliah 50% :)




Balik lagi ke target lulus, 3 tahun kelar itu gak mungkin karena adanya beberapa perubahan prosedur dalam pengadaan semester padat di kampus gue. Selama gue kuliah, gue hanya bisa mengikuti 1 kali semester padat (yang padahal angkatan atas gue bisa ambil 2 kali). Akibatnya skripsi yang sebenarnya bisa diambil di semester 6, karena hanya cuma 1 kali ikut semester padat, mau gak mau harus diambil di semester 7. Di sini pentingnya planning alias perencanaan lho, guys. Tiap semester itu gue selalu rencanain mau ambil mata kuliah yang mana aja dan mau berapa SKS. Banyak sedikitnya SKS yang mau diambil harus disesuaikan juga dengan kepanitiaan atau organisasi yang mau lo ikutin di kampus. Ini biar kedua-duanya bisa balance dan jalan beriringan. Misal, karena tahun ini ambil banyak SKS, batesin jumlah kepanitiaan yang diikutin biar gak mengganggu. Lalu kalau merasa "ah semester ini lagi cukup mudah nih mata kuliahnya dan rasanya bisa ke-handle deh", biasanya di situ gue ambil peran banyak di organisasi atau kepanitiaan dan juga melatih communication dan public speaking skills dengan menjadi asisten dosen selama 3 semester berturut-turut. Ah iya, gue lupa, ini kan konteksnya graduation day kan yah. Kok ya jadi agak melebar gini ke tips kuliah HAHAHA.


Bukan perkara mudah memang menyelesaikan studi tepat waktu. Banyak rintangan yang menghadang. Utamanya sih dalam memilih dosen yang tepat atau jadwal kuliah yang tepat. Oh iya posisi duduk di kelas juga salah satu faktor yang mempengaruhi lho. Ingat, posisi menentukan prestasi, brosis haha. Dan gak cuma itu, temen-temen circle lu juga punya andil besar. Kalau temen-temen lu rajin semua, ya otomatis jadi kebawa ikutan rajin juga kan mau gak mau. Dan menurut gue IPK itu bukanlah cerminan sesungguhnya bagaimana performa kita di kampus. Kenapa? Karena ada suatu force *halah* yang tak terduga yang ikut andil dalam IPK kita. Apa itu? Iya. Dosen-dosen yang tak bertanggung jawab yang kadang suka seenak jidat ngasih satu kelas nilai jelek. Jadi sedikit banyak IPK ini juga ikut mengandalkan kadar ke-hoki-an kita :3

Intinya selama 3,5 tahun ini gue mau bersyukur banget sama Tuhan for His endless blessings. Untuk papa tercinta, keluarga dan teman-teman yang selalu support dan percaya kalau gue pasti bisa. Bersyukur bisa sampai ke tahap ini karena gue tahu di luar sana masih banyak orang-orang yang tidak seberuntung gue untuk bisa mengecap pendidikan. Awalnya kuliah di jurusan yang satu ini memang terkesan sudden decision. Tadinya bukan jurusan ini yang gue idam-idamkan, But hey, God works in His mysterious way. Sepertinya Tuhan membelokkan gue ke arah ini dan membuat segala sesuatunya jadi lancar tanpa kekurangan suatu apapun. Dan gue berhasil berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang sudah gue pilih.

Because I rants too much already, let's go to the graduation moment. Let the picture speaks...
Not much sih, karena wisuda kemarin sungguh crowded; terlalu banyak manusia sampe-sampe susah kalau mau ketemuan apalagi ngajak foto bareng :3

Kapan lagi seorang Nia berpenampilan seperti ini kalau bukan di graduation day? xD 

The soft blue kebaya I'm wearing ;3 

My college squad! Me love you girls to the moon and back! Selalu bersama dari jaman maba dan akhirnya bisa wisuda bersama! See you on top, girls!

With some of the accounting students class of 2012 best graduates! See you on top!

Tiga Dara :3 My partner in crime in campus! Keep in touch dengan joke-joke recehnya ya xD

A little selfie won't hurt. Jarang-jarang tampilan gue kece begini hihihi xD

High school besties! Terima kasih mau menyempatkan waktunya untuk datang!

Teman-teman Beswan Djarum 30. Terima kasih untuk supportnya!

Last but not least, I present this degree to my only and beloved Papa and Mama. Ma, Pa, completing 16 years of education won't be possible without your sweat and blood, prayers and hard work. Thank you for always made sure that I would receive the best education I could get.


With my beloved Papa
Ma, I know we were only together for a brief time. But 12 years with you made me feel grateful of knowing you. Thank you for giving birth of me :") Thank you for tons of books, encyclopedia and magazines during my childhood. You have always made sure that I get the best knowledge from reading books. Thank you for being my number one supporter. Thank you for all the encouragement. I believe you are always up there looking after me :")

Pa, thank you for sending me to the best high schools and private university in Jakarta, I know they were not cheap yet you always work hard to make sure we were financially enough. You may think that you are not intelligent enough for not owning a degree like most of my peers’ parents, but you were my first teacher. You taught me how to walk, how to ride a bike even you taught me how to cook after mom passed away. But beyond those, you teach me things they never teach me in school. Yeah : life-lessons which I will carry forever throughout my life. Thank you for always believing in me when others don't. You may have been tough on me, but the older I get, the more I understand that you did it so I could grow into an independent young lady. You'll be always the reason I work so hard and strive for the best. Now, it's time for me to give back the investment you've invested in me :")

Hopefully this degree won't be merely a degree without a meaning, but also be able to be a blessing to others and our beloved homeland : Indonesia. Fellow graduates, go confidently in the direction of your dreams and live the life you've imagined! 

And the new adventures will begin....

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum