Tentang Menulis


"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” - Pramoedya Ananta Toer

Sejak kecil gue suka banget sama yang namanya menulis. Kenapa? Ya ndak tau. Dulu waktu kecil kita gak butuh banyak alasan untuk melakukan suatu hal, kan? You just did that for no specific reason.

Karena suka nulis, waktu kecil gue suka ngirimin tulisan ke majalah Arif (yang anak 90-an mungkin tau), majalah bulanan yang isinya latihan soal-soal pelajaran selama di SD. Seinget gue, sebanyak 2 atau 3 kali cerpen gue berhasil dimuat di covernya. Sayangnya gue udah gak tau ke mana itu majalahnya :( Satu tulisan merupakan hasil kolaborasi dengan teman gue, selebihnya hasil pemikiran sendiri. Karena menulis pula, waktu SD gue berhasil menjadi salah satu delegasi Konferensi Anak Bobo 2004. Sebuah achievement yang paling membanggakan buat gue di masa itu. Gimana enggak, jaman dulu konferensi sejenis itu udah W-O-W keren banget deh. Lewat konferensi itu gue ketemu orang-orang hebat pada masanya semacam Komaruddin Hidayat dan Andi Mallarangeng.  I still saved some pics of Konferensi Anak Bobo 2004.

Tebak gue di mana? Hahaha



Bahkan sampe sekarang masih suka kontak-kontakan dengan para delegasi Konferensi Anak Bobo 2004 ini. Pengen banget deh balik ke masa-masa "kejayaaan" di masa SD :"D


Beranjak ke SMP, di mana masa itu Internet lagi booming banget. Karena di rumah masih belum ada Internet, gue inget tiap hari Jumat dari sore sampai malam adalah waktu khusus gue untuk ber-Internet ria. Gue minta bokap untuk anterin ke warnet deket rumah just for the sake of opening Friendster. Yes, sebuah social media di mana semua orang berlomba-lomba buat dapetin testimonial a.k.a testi terbanyak, hias profile mereka seheboh mungkin dan all the glittery things haha. OKE GUE NGAKU KALO DULU GUE ALAY hahaha. Gue rasa setiap orang di jaman sekarang pasti punya masa-masa ke-alay-an mereka. It's like everyone has to go through "that ALAY PHASE". Masa-masa di mana tiap nulis ribet sendiri karena hurufnya gede-kecil. Ah I miss that "alay" moment hahaha. Oke tapi gue gak bakal bahas alay-alayan di sini. Back to the topic, jadi waktu gue SMP, si Raditya Dika dengan Kambing Jantan-nya itu juga lagi nge-hits banget dan everybody was like making a blog. Tepatnya 20 Desember 2007, I made my first ever blog. Mau lihat postingan pertama gue? Silakan cekidot di sini. Tuh lihat, dari judul link-nya aja udah norak setengah mampus hahaha ditambah lagi tulisan warna-warni yang bikin mata sakit. Harap maklum yah, di jaman itu memang lagi nge-trend banget tulisan blog yang warna-warni gak karuan xD

Selain itu, waktu SMP gue banyak banget bikin cerpen. Entah kenapa dulu kalau disuruh nulis cerpen bisa mengalir lancar begitu aja. Sekarang sih kalau disuruh nulis cerpen lagi mungkin jadi kagok yah haha. Mungkin juga karena di masa itu yang namanya novel ber-genre Teenlit lagi booming. Di lemari buku tersimpan banyak banget koleksi buku-buku Teenlit; yang sayangnya sekarang mungkin kondisinya udah rusak karena udah gak pernah dibuka-buka lagi :( Gue juga bergabung dengan ekskul jurnalistik selama 3 tahun dan sempat menjadi ketua redaksinya. Here's the school bulletin that we made in junior high school:


Well, tapi semua berubah sejenak sejak negara api menyerang. Sejak masuk SMA, gue jadi jarang nulis (yang serius). Kalau boleh dibilang masa-masa itu lumayan dark times buat gue haha. Di tahun 2011 memang tercatat postingan gue paling banyak sih, tapi itu isinya kebanyakan bukan tulisan serius, melainkan some random rants, ocehan-keluhan dan nyampah hal-hal yang gak penting *maafkan kelabilan anak ini* Di SMA ini gue berhasil meraih Top 10 Blogs Canadian Education Services International High School Blog Competition by Canadian Education Services International loh haha. Here are the entries I submitted for : this and this. Dulu waktu SMA pun gue sempet kepikiran buat ngelanjutin kuliah di jurusan komunikasi massa. Cuma karena gue lebih memilih mengikuti kata hati gue *tsah* (yang waktu itu bilang supaya gue ambil Accounting aja) yaudahlah here I am now, lulusan Sarjana Ekonomi di prodi Akuntansi hehe.

Beranjak masuk kuliah, gue kembali dipertemukan dengan dunia per-majalah-an HAHA. Kali ini gue didapuk jadi pemimpin redaksi majalah UKM kerohanian di kampus. Namun karena mostly peran gue disitu adalah menjadi editor untuk reporter-reporter yang gue bawahi, gue jadi jarang tulis artikel yang bener-bener murni gue tulis sendiri. Sejak kuliah gue sebenarnya udah jarang tulis-menulis nih. Tapi tahun 2014 kemarin gue berhasil masuk jadi Top 75 Finalists Ngemil Eksis Pergi ke Inggris Gratis Blog Competition yang diadakan oleh Mister Potato. You can see the entry here

Mulai tahun 2016, nge-update blog ini aja susah banget rasanya. Lagi bingung mau nulis apaan lagi yah. Well yeah, inilah hasil ketika kemalasan udah bersekutu dengan jari-jari tangan gue haha. Susah banget rasanya mensinkronkan otak dan jari buat ngetik di keyboard. Rasanya gue harus kembali memulai dari nol. Gue sadar, skill menulis ini penting banget dan ternyata sungguh dipakai sampai ke dunia kerja. Contohnya dari pengalaman magang yang terakhir, gue harus lebih jago lagi untuk bikin documentation dan report-report yang dibutuhkan terkait langkah-langkah testing dan internal control suatu perusahaan.

Gue berharap saat ini bisa fokus lagi sama dunia tulis-menulis. Gue pengen dari menulis ini entah bagaimana caranya bisa menghasilkan sesuatu lagi, seperti waktu kecil dulu. Gue juga berharap banget bisa menginspirasi orang lain. Gimana sih rasanya kalau misalnya di luar sana lagi ada seseorang yang maybe lagi hopeless banget, clueless, having suicidal thoughts dan udah gak tau mesti ngapain lagi and suddenly he/she landed on your blog, find your writing and then finally found some encouragement?

You can change someone's life and I want to inspire people. That's why I want to keep on writing. "Karena sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain." Gue berharap seenggaknya blog ini bisa bermanfaat bagi orang di luar sana yang kebetulan mampir ke sini. Dengan membagikan pengalaman lu lewat blog pula, gue rasa coverage-nya bakal lebih luas daripada cuma cerita ke teman-teman di circle lu aja.

Selain itu gue juga merasa kalau menulis ini adalah the real time machine. Ingatan manusia itu kan terbatas ya, dengan menulis di sini, gue rasa bisa menjadi pengingat alias reminder kita di suatu hari nanti. Dengan menulis, lo bisa flashback lagi kehidupan lo. How you grown up, your feelings towards something, your unforgettable moments, masa-masa suram lo, masa-masa bahagia lu, and so on. Gue pengen blog ini bisa jadi saksi yang berbicara tentang apa aja yang udah gue hadapi dan rasakan sampai gue bisa sukses suatu hari nanti :") Lucu juga kan nanti 5-10 tahun kemudian, kita ngubek-ngubek blog sendiri dan akhirnya ketemu betapa labilnya kita di jaman SMP-SMA dulu hihi.

And last but not least, for me, writing unleashed your emotion. Mostly saat lagi bete dan ketika gue tumpahkan ke tulisan, rasanya perasaan jadi lega aja gitu. Mungkin menulis itu semacam terapi juga sih buat gue hehe.


So... kesimpulannya : sekali lagi gue bakal mencoba untuk tetap aktif menulis di blog ini. Semangaaat! You can do it!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum