[Bali Travel Diary] - First Time in 24 Years

I finally got the mood to write on this space phew. So without further ado, here we go: gue abis dari Bali loh! Sumpah ya akhirnya bisa ke Bali juga setelah 24 tahun :') Dengan habit gue belakangan ini yang sungguh-sungguh impulsif, akhirnya sebulan sebelum berangkat, tiket-tiket segala macemnya baru dibeli. Sometimes I asked myself: "Who hurt you sih Ni? Being very very impulsive lately." LOL. Yah engga tau aja sih... belakangan suka ngerasa hampa. Semacam gak punya tujuan hidup. I'm still searching my life's purpose tho... Quarter life crisis is REAL. Traveling selalu menjadi semacam pelarian dan obat yang manjur dari segala macam kegalauan gue.

Om Swastiastu

So... ini dia tempat-tempat yang gue kunjungi selama 4 hari 3 malam di Bali:


1. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah taman wisata di daerah Selatan Bali. Patung Garuda Wisnu Kencana adalah lambang Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda Agung sebagai sahabatnya. Patung ini dirancang untuk menjadi salah satu patung monumental terbesar dan tertinggi di dunia. Tinggi total patung adalah 120m, terdiri dari 24 segmen dan dibentuk dengan 754 modul yang terbuat dari tembaga dan asam patina berlapis kuningan. Agak sedikit nyesel ya bok ke sini ternyata patungnya belum 100% kelar. Pas beberapa bulan setelah gue dari sini, eh kepalanya Wisnu dipasang dan finally diresmikan dong patungnya :") Ya inilah gaes kalo yang namanya belum jodoh ya mau gimanapun juga gabakal ketemu haha. Here's some pictures I took at Garuda Wisnu Kencana:

Dewa Wisnu

Garuda Agung

Patung Garuda Wisnu Kencana yang masih dalam tahap pembangunan

For details, you guys can click here >> www.gwkbali.com

2. Nusa Penida

Di pulau ini, gue mengunjungi tempat-tempat berikut:
- Angel Billabong
- Broken Beach
- Kelingking Beach
- Crystal Bay Beach

Nusa Penida ini tampaknya lagi hits dan kekinian banget yah karena di Instagram udah gak keitung deh tuh yang foto-foto di sini. Perjalanan ke sini ditempuh dengan speed boat yang berangkat dari Pantai Sanur selama kurang lebih 30 menit. Gue sebelumnya gak pernah mabuk laut, tapi gak tahu kenapa naik speed boat ini kemarin gue pusing banget dan hampir semaput. Sepanjang perjalanan cuma bisa komat-kamit doa aja :') Gue cuma bisa mikir ini naik kapal apa naik jet coaster sih terombang-ambing kena ombak kenceng banget. Lain kali perlu minum Antimo dulu kayaknya ini sih. Eniwei, di Nusa Penida ini gue memutuskan untuk ambil half-day tour dari Go Nusa Penida (www.gonusapenida.com). Berhubung cuma berdua aja sama bokap, satu orang jadinya agak mahal sekitar 575 ribu per orang. Drivernya sendiri merangkap sebagai tour guide. Jalanan menuju spot-spot wisata di Nusa Penida tampaknya masih belum terawat, sebagian besar masih sangat berbatu. Well, tapi in the end worth it lah karena viewnya oke dan breathtaking banget, terutama Kelingking Beach yang menyerupai baby T-Rex yang sedang tidur. Buat pencinta warna biru dan laut seperti gue, tempat ini sungguh surga.

Angel Billabong, yang merupakan muara akhir dari sebuah sungai sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas.

Broken Beach

Crystal Bay Beach.
Dinamakan begini karena kalau diperhatikan lebih seksama, pasirnya bling-bling gitu gaes kayak kristal.

Kelingking Beach
Kayak baby T-Rex lagi tidur, ya?

3. Pura Luhur Tanah Lot / Pura Batu Bolong

Semuanya mungkin sudah tahu kalau Pura Tanah Lot merupakan ikon pariwisata pulau Bali. Pura ini adalah salah satu obyek wisata terkenal di pulau Bali yang wajib dikunjungi.


Pintu masuk menuju Pura Tanah Lot 
Pura Tanah Lot
Sayang, waktu ke sana cuacanya agak mendung dan ombak sedang pasang

Pura Batu Bolong

4. Pandawa Beach

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Pandawa. Wah, jujur sih ini pantai terfavorit gue selama di Bali. Airnya masih jernih bening banget duh :") Dulu, Pantai Pandawa Bali dikenal sebagai salah satu surga pantai yang tersembunyi di Pulau Bali. Pada awalnya, para bule yang datang ke tempat ini memang menjuluki Pantai Pandawa dengan nama Secret Beach. Sementara itu, wargalokal menyebutnya dengan nama Pantai Kutuh, sesuai dengan lokasi pantai yang menjadi bagian dari wilayah Desa Kutuh. Julukan sebagai Secret Beach untuk Pantai Pandawa Bali ini memang cocok dengan lokasinya yang tersembunyi dan memang tertutupi oleh tebing kapur yang cukup tinggi. Di sisi lain, keberadaan tebing itu juga membuat daya tarik lain yang dimiliki oleh Pantai Pandawa. Pada saat memasuki Pantai Pandawa, kita akan disambut dengan keberadaan patung Pandawa Lima. Patung-patung itu dibuat sebagai representasi dari anggota Pandawa Lima yang ada dalam cerita Mahabarata. Lima tokoh Pandawa Lima itu adalah Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula serta Sadewa.

Pantai Pandawa
Fifty shades of blue
5. Pura Luhur Uluwatu

Tempat terakhir yang gue kunjungi di Bali adalah Pura Uluwatu. Pura yang terkenal dengan monyet-monyetnya yang jahil. Sewaktu gue di sini, ada beberapa turis yang kacamata hitamnya diambil terus dipatahin sama monyet-monyet. Eh, nyet, makanannya kurang atau laper atau gimana?

Pura Luhur Uluwatu

Monkeyyy~ 
Yak itulah itinerary-ku selama 4 hari 3 malam di Bali. Berhubung gue memang yang tipenya lebih suka explore tempat-tempat bersejarah atau objek pemandangan alam ketimbang wisata kuliner, jadinya gak gitu banyak sih makanan yang di-explore hehe. Kemarin itu cuma sempet coba Warung Babi Guling Pak Malen sama ayam betutu.

I personally think that Bali is somewhat a perfect place to escape. Tempat yang sungguh oke buat kabur dari segala masalah yang dihadapi untuk menenangkan diri. Mungkin kalo lagi mumet bisa kabur ke sini sih haha. Okay then, till next post!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes PwC Indonesia - Risk Assurance Division

Pengalaman Seleksi Beswan Djarum 2014/2015 Jakarta

20 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Beswan Djarum